VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA KELAS X SMA BERBASIS VIDEO ANIMASI BERDASARKAN HASIL IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus)

Putri, Listyani Lorenza (2024) VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA KELAS X SMA BERBASIS VIDEO ANIMASI BERDASARKAN HASIL IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover skripsi loren.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka-2.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian Uji Validitas ini berjudul validitas media pembelajaran berbasis video animasi pada materi protista kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran biologi berbentuk video animasi pada materi protista. Video animasi merupakan salah satu media pembelajaran berbasis audio visual yang saat ini banyak digunakan oleh guru maupun para pemilik usaha jasa infrormal untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Video Animasi pada penelitian kali ini menggabungkan antara materi umum protista dengan hasil riset penelitian mengenai ektoparasit yang menginfeksi ikan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2023. Penelitian ini menggunakan dua metode, metode R&D dalam model 4-D sebagai metode yang digunakan untuk memperoleh nilai validasi, kemudian Penelitian dengan metode purposive sampling sebagai metode yang digunakan untuk mencari sampel ikan yang terindikasi terinfeksi ektoparasit. Hasil penelitian lembar validasi materi oleh ahli materi sebesar 95%, ahli media sebesar 96% menunjukkan bahwa materi dan media pembelajaran berbasis video animasi tergolong sangat valid. Hasil penelitian identifikasi ektoparasit ditemukan 4 jenis parasit yang menginfeksi ikan lele sangkuriang, diantaranya merupakan parasit Dactylogyrus, Quadriacanthus, Ivhtyobodo, dan Anisakis. Parasit yang paling banyak menginfeksi ikan pada penelitian ini adalah Dactylogyrus. Sementara bagian tubuh ikan yang paling sering terinfeksi parasit adalah bagian insang. Beberapa parasit yang ditemukan tidak berbahaya untuk manusia, namun ada satu parasite yaitu Anisakis yang berbahaya apabila dikonsumsi oleh manusia karena dapat menyebabkan mual, muntah, demam, diare, hingga feses berdarah Hasil dari penelitian identifikasi tersebut dimasukkan ke dalam media pembelajaran berbasis video animasi sebagai materi terbaru berdasarkan hasil riset identifikasi ektoparasit pada ikan lele Sangkuriang (Clarias gariepinus).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Validitas, Animasi, Protista, Ektoparasit.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 590 Zoologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: LISTIYANI LORENZA PUTRI 2020207040
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:01
Last Modified: 30 Apr 2024 01:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36938

Actions (login required)

View Item View Item