strategi pengelolan badan usaha milik desa untuk kepentingan masyarakat dalam perspektif ekonomi syariah (studikasus di desa ujanmas lama kecamatan ujanmas kebupaten muara enim )

Defvendra sahirsu, defven (2024) strategi pengelolan badan usaha milik desa untuk kepentingan masyarakat dalam perspektif ekonomi syariah (studikasus di desa ujanmas lama kecamatan ujanmas kebupaten muara enim ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI DEFVEN.pdf

Download (1MB)

Abstract

BUMDes merancang sistem pengurusan bantuan pemerintah daerah dari sudut pandang keuangan syariah, usaha milik kota yang ideal dapat menjadi hub kehidupan daerah kota, karena tujuannya adalah untuk mengatasi permasalahan daerah, dengan akses terbuka bagi semua orang. jaringan kota, dan sebagai spesialis pergantian peristiwa teritorial dan pendorong penciptaannya. wilayah perusahaan di wilayah pedesaan, namun dengan biaya penciptaan dan pengurusan yang tidak ekstrim. Selain itu, unsur bisnis yang dimiliki kota ini memiliki modal yang minim jika dibandingkan dengan kawasan rahasia yang memiliki modal besar. Rencana pengelolaan BUMDes diperlukan karena sumber daya adalah milik desa. Penelitian ini menggunakan metodologi subjektif, yaitu eksplorasi khusus pada penelitian yang bersifat ilustratif yang bertujuan untuk memahami keunikan sedalam mungkin dengan menggarisbawahi kedalaman informasi yang diperoleh peneliti. BUMDes di Kecamatan Ujanmas Kabupaten Muara Enim dijadikan sebagai lokasi penelitian ini. Masyarakat menilai pengelolaan BUMDes bermanfaat karena bertujuan untuk meringankan beban perekonomian masyarakat, khususnya dengan menyediakan persewaan gedung dan kursi serta permodalan dari usaha simpan pinjam. Namun pada dasarnya, bantuan pemerintah terhadap masyarakat belum berjalan karena hanya memenuhi 1 petunjuk dari 4 penanda yang ada. Dari sudut pandang ekonomi syariah, strategi pengelolaan BUMDes untuk kesejahteraan masyarakat dapat dikatakan tepat karena telah memberikan manfaat bagi masyarakat, yaitu dengan menyewakan gedung kursi dan menyediakan unit usaha simpan pinjam, sehingga masyarakat di Ujanmas Lama Desa juga dapat merasakan manfaatnya dan mampu memenuhi kebutuhannya. secara Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: defvendra sahirsu -
Date Deposited: 03 May 2024 03:26
Last Modified: 03 May 2024 03:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36970

Actions (login required)

View Item View Item