PENGARUH GAME EDUKASI BERBASIS KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN ANALYTICAL SKILL PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 5 AIR SUGIHAN

Agustina, Esa (2023) PENGARUH GAME EDUKASI BERBASIS KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN ANALYTICAL SKILL PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 5 AIR SUGIHAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
cover skripsi (1).pdf

Download (13kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA pada kelas VII SMP Negeri 5 Air Sugihan dikatakan masih dalam keadaan kurang memuaskan. Hal ini dapat dibuktikan melalui nilai ulangan harian peserta didik masih kurang, serta hasil angket analisis kebutuhan dan observasi awal serta wawancara guru mata pelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game edukasi berbasis kartu bergambar terhadap hasil belajar dan analytical skill peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 5 Air Sugihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitan kuantitatif dengan metode ekperimen dalam bentuk Pretest- Postest Control Group Design dengan menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian data perolehan nilai rata-rata peserta didik pada kelas eksperimen mencapai sebesar 84,3 dan kelas kontrol sebesar 52,8. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pre-test) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (post-test). Selain itu, pembelajaran menggunakan Media Game Edukasi Berbasis Kartu Bergambar dapat meningkatkan Analytical Skill peserta didik untuk kelas eksperimen jika dibandingkan dengan kelas control ditunjukkan dengan hasil angket dengan perbedaan skor dari kelas eksperimen didapat rata-rata sebesar 33 sedangkan kelas kontrol sebesar 15,7. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian data, dengan mengacu pada hasil penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh Game Edukasi Berbasis Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Dan Analytical Skill Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 5 Air Sugihan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game Edukasi Berbasis Kartu Bergambar, Hasil Belajar, Analytical Skill

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi Berbasis Kartu Bergambar, Hasil Belajar, Analytical Skill
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: ESA AGUSTINA 2020207043
Date Deposited: 02 May 2024 06:32
Last Modified: 02 May 2024 06:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36985

Actions (login required)

View Item View Item