Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas III MI Al-Amalul Khair Palembang

Yunika, Vera (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas III MI Al-Amalul Khair Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB 1 VERA YUNIKA PASKA SIDANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1 VERA YUNIKA PASKA SIDANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
caver fix.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB 2 VERA YUNIKA PASKA SIDANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK fix.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB 3 VERA YUNIKA PASKA SIDANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 VERA YUNIKA PASKA SIDANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 VERA YUNIKA PASKA SIDANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berfungsi sebagai memperjelas penyajian pesan yang disampaikan sesuai kemampuan dan minat siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Penggunaan media puzzle (2) Kemampuan berpikir kreatif (3) Penggunaan media puzzle terhadap berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode eksperimen dengan bentuk prestest-postest control design yang digunakan untuk mengetahui dari suatu perlakuan terhadap subjek sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas 3A sebanyak 24 siswa, kelas 3C sebanyak 26 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen soal bentuk essai dengan 10 soal dan untuk satu soal skor tertinggi yaitu 5 skor dan skor terendah 1 skor, yang dilakukan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan postest setelah pembelajaran dilakukan. Teknik analisis data menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol pretest 23.2 dan postest 26,4 dan nilai rata-rata kelas eksperimen pretest 21,6 dan postest 33,8 Dari hasil hipotesis yang diperoleh nilai signifikansi yaitu <0,005 dengan taraf signifikan 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media puzzle dapat berpengaruh terhadap berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika pecahan yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata postest kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Puzzle, Berpikir Kreatif
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: VERA YUNIKA 2030201138
Date Deposited: 03 May 2024 04:26
Last Modified: 03 May 2024 04:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36991

Actions (login required)

View Item View Item