UPAH KARYAWAN KONTRAK PADA KOPERASI SERBA USAHA “BERKAT KITO” SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Skripsi)

Sumarni, Ayu (2016) UPAH KARYAWAN KONTRAK PADA KOPERASI SERBA USAHA “BERKAT KITO” SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Islam telah memberikan nilai-nilai dalam meningkatkan kualitas kerja dan mendapatkan pemberian upah pada masing-masing tugas yang di amanatkan. Upah merupakan besaran nilai kompensasi dalam bentuk uang yang diberikan kepada karyawan sebagai bentuk ‘balas jasa’ atas keterlibatannya dalam proses produksi (barang dan jasa) serta dalam proses memperoleh keuntungan (laba) atas suatu entitas ekonomi. Permasalahan kemudian muncul, bagaimana besaran upah yang di akui dan di ukur dalam akuntansi kadang memberi berbagai implikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem upah karyawan, menjelaskan implementasi penghitungan upah karyawan, dan menganalisis sistem upah karyawan kontrak. Upah adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas karyawan. Seorang karyawan yang mempunyai upah tinggi atau sesuai dengan yang diharapkan akan memotivasi karyawan sehingga dapat tercapainya maksud dan tujuan perusahaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Hak dan kewajiban dari karyawan kontak di koperasi berkat kito sungai lilin telah tertuang dalam perjanjian kerja waktu tertentu dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Berlaku selama satu tahun masa kontrak, dan akan dipertimbangkan pada masa kontrak berakhir, bagi karyawan yang selama masa kerjanya bagus dan berprestasi maka karyawan akan di angkat menjadi karyawan tetap, jika dilihat dari karyawan yang ada dikoperasi ini, semua karyawan yang bekerja telah menjadi karyawan tetap dan mereka semua sudah melewati masa percobaan selama satu tahun. Upah yang diberikan sudah jelas dan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak tanpa adanya pengurangan, jika selama berkerja karyawan tidak melakukan kesalahan atau kecerobohan. Upah yang diberika pihak perusahaan kepada karyawan sudah termasuk Upah Minimum Regional. Tinjauan ekonomi Islam mengenai karyawan kontrak di koperasi berkat kito sungai lilin termasuk dalam teori ijarah, dilihat dari perjanjian kerja waktu tertentu, Terutama dari salah satu rukun ijarah yaitu sighah (ijab dan kabul) berupa kontrak kerja yang tertulis dengan segala ketentuan hak-hak dan kewajiban dari masing-masing pihak yang telah disepakatti oleh kedua belah pihak tersebut dan juga terutama dari salah satu syarat ijarah yaiutu pembayaran upah haruslah bernilai dan jelas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upah, keuntungan, produktivitas karyawan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:18
Last Modified: 28 Apr 2016 02:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item