PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH DI INDONESIA

Guteres, Yurico (2023) PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH DI INDONESIA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (463kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi politik adalah keikutsertaan masyarakat dalam semua tahapan politik mulai dari pengambilan keputusan. Pada kegiatan partisipaisi politik banyak masyarakat memilki sikap tidak peduli atau apatis terhadap kegiatan politik dan mengabaikan tentang kebijakan publik atau pemerintah, maka di penelitian ini akan dibahas masyarakat di Kelurahan 8 ulu. Masyarakat di Kelurahan 8 Ulu berpartisipasi politik seperti kegiatan pemilu, pemilihan ketua rt, gotong royong. Tetapi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana partisipasi politik masyarakat kelurahan 8 ulu terhadap kebijakan pemerintah di Indonesia dan faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat kelurahan 8 ulu terhadap kebijakan pemerintah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan data primer didapatkan informasi dari wawancara langsung bersama masyarakat di kelurahan 8 ulu sedangkan data sekunder didapatkan dari buku-buku, jurnal, karya ilmiah dan internet lainnya. Teknik analisis data memiliki lima tahapan yaitu pengumpulan data, penyajian data, membuat dan menyusun laporan hasil penelitian, menarik kesimpulan dan sistematika dalam penulisan. Hasil penelitian menunjukkan partisipasi politik masyarakat Kelurahan 8 Ulu Kecamatan Jakabaring terhadap kebijakan pemerintah di Indonesia memiliki sikap peduli meskipun terkadang ada yang kurang peduli dikarenakan kekecewaan terhadap kebijakan pemerintah seperti blt yang tidak merata dan kenaikan bbm akhir-akhir ini. Bentuk partisipasi politik kelurahan 8 ulu yaitu pemberian suara, kontak langsung dan kegiatan protes. Faktor yang mempengaruhi masyarakat berpartisipasi atau non partisipasi politik yaitu ekonomi, tingkat pendidikan, umur dan jenis kelamin. Solusi agar masyarakat mau berpartisipasi yaitu dengan mengadakan penyuluhan atau sosialisasi oleh pemerintah. Kata Kunci : Partisipasi Politik, Kebijakan Pemerintah, Masyarakat, Kegiatan Partisipasi Politk.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Political Participation, Government Policy, Society, Political Participation Activities.
Subjects: Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: YURICO GUTERES 1930404011
Date Deposited: 03 May 2024 03:27
Last Modified: 03 May 2024 03:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37032

Actions (login required)

View Item View Item