Salsabilla Amirta, Annisa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA PLASTISIN PADA MATERI PEWARISAN SIFAT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN TEAMWORK SKILL SISWA DI SMP NEGERI 5 AIR SUGIHAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
cover annisa.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak annisa.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
2_BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
||
Text
3_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
||
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
||
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
||
Text
6_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA pada kelas IX SMP Negeri 5 Air Sugihan dikatakan masih dalam keadaan kurang memuaskan. Hal ini dapat dibuktikan melalui nilai ulangan harian peserta didik masih kurang, serta hasil angket analisis kebutuhan dan observasi awal serta wawancara guru mata pelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Menggunakan Media Plastisin Pada Materi Pewarisan Sifat Terhadap Hasil Belajar dan Teamwork Skill Siswa Di SMP Negeri 5 Air Sugihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitan kuantitatif dengan metode ekperimen dalam bentuk Pretest- Postest Control Group Design dengan menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian data perolehan nilai rata-rata peserta didik pada kelas eksperimen mencapai sebesar 70,96 dan kelas kontrol sebesar 52,92. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pre-test) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (post-test). Selain itu, pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Menggunakan Media Plastisin dapat meningkatkan Teamwork Skill peserta didik untuk kelas eksperimen jika dibandingkan dengan kelas control ditunjukkan dengan hasil angket dengan perbedaan skor dari kelas eksperimen didapat rata-rata sebesar 33 sedangkan kelas kontrol sebesar 15,7. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian data, dengan mengacu pada hasil penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Menggunakan Media Plastisin Pada Materi Pewarisan Sifat Terhadap Hasil Belajar dan Teamwork Skill Siswa Di SMP Negeri 5 Air Sugihan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi 500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ANNISA SALSABILLA AMIRTA 2020207035 |
Date Deposited: | 02 May 2024 06:33 |
Last Modified: | 02 May 2024 06:33 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37043 |
Actions (login required)
View Item |