NILAI AKHLAK TASAWUF DALAM FILM MERINDU CAHAYA DE AMSTEL KARYA ARUMI EKOWATI (Ditinjau Dari Tasawuf Akhlaki al-Muhasibi)

Satria, Satria (2024) NILAI AKHLAK TASAWUF DALAM FILM MERINDU CAHAYA DE AMSTEL KARYA ARUMI EKOWATI (Ditinjau Dari Tasawuf Akhlaki al-Muhasibi). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI SATRIA AFI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ajaran tasawuf dan nilai nilai kebaikan yang terdapat pada produk budaya seperti Film. Film yang bernuansa religi, lebih banyak memberikan motivasi dan dorongan kepada seseorang untuk lebih giat dalam melakukan ibadah. Merindu Cahaya de Amstel merupakan film yang banyak mengadung nilai-nilai ajaran tasawuf akhlak. Film yang ber-Setting di negara Belanda ini, menggambarkan seorang mualaf yang berusaha menjadi muslim yang baik setelah meninggalkan masa lalunya yang kelam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai nilai-nilai tasawuf akhlak dalam film Merindu Cahaya de Amstel ditinjau dengan pemikiran tasawuf akhlaki al Muhasibi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) dengan objek film Merindu Cahaya de Amstel, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer pada penelitian ini adalah isi dialog dalam film Merincu Cahaya de Amstel, data sekunder pada penelitian ini berupa buku, artikel, jurnal serta literature yang berkaitan dengan pemikiran tasawuf akhlaki Haris al-muhasibi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi tidak langsung dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai akhlak terhadap Allah dalam film Merindu Cahaya de Amstel ditinjau dari pemikiran Harits al-Muhasibi terdapat 8 nilai, yaitu: Taubat, wara‟, muhasabah, taqwa, ridha, tawakal, ikhlas dan syukur. Adapun nilai-nilai akhlak terhadap manusia dalam film Merindu Cahaya de Amstel ditinjau dari pemikiran Harist al-Muhasibi terdapat 3 nilai, yaitu: Nilai ta‟awun, nilai sabar dan nilai pemaaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Date Deposited: 14 May 2024 01:11
Last Modified: 14 May 2024 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37050

Actions (login required)

View Item View Item