TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP SISTEM PENGUPAHAN NGIREK PADI PADA MASYARAKAT DESA SUKARAMI KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN

Afriansyah, SH, Yudi (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP SISTEM PENGUPAHAN NGIREK PADI PADA MASYARAKAT DESA SUKARAMI KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Abstract...pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (413kB)

Abstract

ABSTRAK Muamalah adalah aturan yang ada didalam syari’at islam, Adapun salah satu kegiatan Muamalah yang ada di tengah-tengah masyarakat adalah pengupahan ngirek padi. Maka peneliti menulis Skripsi berjudul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah Terhadap Sistem Pengupahan Ngirek Padi Pada Masyarakat Desa Sukarami Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan” Yang menjadi permasalahannya adalah: Pertama, Bagaimana Mekanisme Pengupahan Ngirek Padi Pada Masyarakat Desa Sukarami, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Kedua, Apakah Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Sistem Pengupahan Ngirek Padi Dalam Masyarakat Desa Sukarami, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. Ketiga, Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Mekanisme Pengupahan Ngirek Padi Pada Masyarakat Desa Sukarami, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Sumber data primer merupakan sumber data pokok yang berbentuk pendapat para petani padi yang menggunakan jasa ngirek padi. Sumber data skunder adalah sumber data pendukung yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Yaitu, penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh secara langsung dari responden. Kemudian data tersebut dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di Desa Sukarami Kecamatan Sungai Rotan ini adalah sebagai berikut: Dilihat dari akad Ijarah Pengupahan Ngirek Padi Pada Masyarakat Desa Sukarami, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan sudah sah karena rukun dan syarat telah terpenuhi dan dilihat dari ‘Urf Termasuk kedalam ‘Urf Shohih karna telah dipenuhinya syarat dan rukun ‘Urf. Kata Kunci: Ijarah , Upah, Ngirek padi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ijarah , Upah, Ngirek padi.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: Yudi Afriansyah -
Date Deposited: 03 May 2024 03:28
Last Modified: 03 May 2024 03:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37091

Actions (login required)

View Item View Item