EFEKTIVITAS OPERASIONAL WEBSITE TERHADAP KINERJA PELAYANAN DINAS DUKCAPIL KABUPATEN OGAN ILIR DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI

Juliha, Juliha (2024) EFEKTIVITAS OPERASIONAL WEBSITE TERHADAP KINERJA PELAYANAN DINAS DUKCAPIL KABUPATEN OGAN ILIR DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Juliha 2030701143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penyampaian informasi mengenai proses pengajuan dokumen kependudukan di Dinas Dukcapil Kabupaten Ogan Ilir dinilai kurang dalam proses pelayanan. Banyaknya pengguna layanan Dukcapil yang tidak puas dan kurangnya memahami proses pengajuan dokumen di website maupun Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Dinas Dukcapil Kabupaten Ogan Ilir. Untuk menyelidiki hal ini, peneliti mengambil data dari hasil observasi informan pada tempat Dinasdukcapil Ogan Ilir (N = 428,108 atau 0,10% dari penduduk kabupaten Ogan Ilir). Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik Slovin. Untuk mengukur efektivitas pada penyampaian informasi dan kepuasan masyarakat terhadap proses pengajua dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL). hal ini juga diperkuat dengan hasil Rasio variabel bebas X terhadap variabel terikat Y adalah 0,13%. Dari hasil uji yang di dapat H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti aktivitas website tidak berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Dukcapil di Kabupaten Ogan Ilir. Hal ini berarti keterikatan masyarakat terhadap proses pelayanan daring sangat rendah. Masyarakat dirasa kurang memanfaatkan kemudahan dalam proses pelayanan daring menggunakan website Disdukcapil dan aplikasi Indentitas Kependudukan Digital (IKD). Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Kepuasan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 06 May 2024 01:22
Last Modified: 06 May 2024 01:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37118

Actions (login required)

View Item View Item