PEMANFAATAN KOMUNIKASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENYEBARAN INFORMASI PADA APLIKASI ACCESS BY KAI (STUDI PADA STASIUN KERETA API BATURAJA)

AZHARI, SYLI ANGRA (2024) PEMANFAATAN KOMUNIKASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENYEBARAN INFORMASI PADA APLIKASI ACCESS BY KAI (STUDI PADA STASIUN KERETA API BATURAJA). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Syli Angra Azhari 2030701118.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pemanfaatan komunikasi digital melalui aplikasi Access by KAI di Stasiun Kereta Api Baturaja, dengan fokus pada penyebaran informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan komunikasi digital dalam penyebaran informasi melalui Access by KAI dan mengidentifikasi faktorfaktor yang mendukung dan penghambat penggunaan aplikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teori difusi inovasi. Penelitian melibatkan sembilan informan yang terdiri dari karyawan Stasiun Kereta Api Baturaja, penumpang kereta api, dan ketua Karang Taruna dari dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Baturaja Timur dan Kecamatan Baturaja Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Access by KAI memberikan manfaat bagi pengguna, seperti media informasi, kemudahan pembelian dan pembatalan tiket, serta informasi perjalanan. Aplikasi ini memberikan pengalaman yang baik, menunjukkan bahwa pemanfaatan komunikasi digital dapat memberikan manfaat bagi pengguna. Faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan aplikasi meliputi user-friendly, harga terjangkau, perkembangan teknologi, keamanan privasi data pengguna, dan fitur-fitur yang memudahkan pengguna. Meskipun demikian, terdapat penghambat seperti akses internet yang kurang memadai di daerah pedesaan yang dapat membatasi penggunaan aplikasi ini, serta kurangnya pemahaman dalam penggunaan aplikasi terutama pada orang tua. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan pemanfaatan komunikasi digital dalam penyebaran informasi pada aplikasi Access by KAI di stasiun kereta api Baturaja, dengan memperhatikan faktor-faktor penggunaan yang telah diidentifikasi. Kata Kunci : Aplikasi, Digital, Informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 06 May 2024 01:22
Last Modified: 06 May 2024 01:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37151

Actions (login required)

View Item View Item