MAKNA KRITIK SOSIAL DALAM CERPEN (STUDI ANALISIS WACANA KRITIK PADA CERPEN “KETIKA SEMUA MENOLAK KEHADIRAN DIRIKU DI DEKATNYA KARYA YEAL STEFANY SINAGA)

Siti srijaya agustina, Siti (2022) MAKNA KRITIK SOSIAL DALAM CERPEN (STUDI ANALISIS WACANA KRITIK PADA CERPEN “KETIKA SEMUA MENOLAK KEHADIRAN DIRIKU DI DEKATNYA KARYA YEAL STEFANY SINAGA). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI Siti Srijaya Agustina .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK MAKNA KRITIK SOSIAL DALAM CERPEN (STUDI ANALISIS WACANA KRITIK SOSIAL PADA CERPEN KETIKA SEMUA MENOLAK KEHADIRAN DIRIKU DI DEKATNYA KARYA YAEL STEFANY SINAGA) Penelitian ini berawal dari ketertarikan cerpen terhadap kritik-kritik sosial dalam cerpen yang berkaitan dengan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dialami oleh kaum LGBT. Cerpen sendiri merupakan salah satu media komunikasi yang sering digunakan oleh penulis untuk menyampaikan pesan atau menuangkan kritik sosial terhadap sesuatu yang dipandang atapun dialami. Dalam cerpen Ketika Semua Menolak Kehadiran Diriku di Dekatnya ini juga terdapat banyak metafora yang digunakan yang merealitaskan dari pengalaman kaum LGBT terkhusus di Indonesia. Sementara, untuk dapat mengetahui makna kritik sosial yang terkandung dalam cerpen Ketika Semua Menolak Kehadiran Diriku di Dekatnya, maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritik model Teun A. Van Djik yang memiliki tiga dimensi analisis, yaitu dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks sosial, sehingga peneliti dapat menemukan representasi makna kritik sosial terhadap pelanggaran HAM yang dirasakan oleh kaum LGBT, melalui observasi, dokumentasi dan juga wawancara yang dilakukan oleh peneliti, akhirnya ditemukan kritik-kritik social terhadap kasus LGBT yang terkandung dalam cerpen. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Yael Stefany Singaga ingin menunjukan kritik sosial dan bagaimana realitas yang dialami oleh kaum LGBT yang terus mendapatkan diskrimidasi, hinaan serta kekerasaan sebagai seorang LGBT yang dianggap memiliki sikap yang menyimpang. Kata Kunci; Analisis Wacana Kritik, Cerpen, Kaum LGBT

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Wacana Kritik, Kaum LGBT, Yael Stefany Sinaga
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: SITI SRIJAYA AGUSTINA 1720503071
Date Deposited: 06 May 2024 01:23
Last Modified: 06 May 2024 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37176

Actions (login required)

View Item View Item