Penghimpunan dan Penyaluran Zakat Fitrah di Masjid Al-Falah Desa Purun Kecamatan Penukal Kabupaten Pali Dalam Perspektif Manajemen Zakat

Febbianti, Sindi (2024) Penghimpunan dan Penyaluran Zakat Fitrah di Masjid Al-Falah Desa Purun Kecamatan Penukal Kabupaten Pali Dalam Perspektif Manajemen Zakat. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I-III.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan penghimpunan dan penyaluran zakat fitrah di Masjid Al-Falah Desa Purun. Yang mana dalam pembentukan panitia amil zakat dilakukan ketika menjelang bulan Ramadhan saja sehingga orang yang benar-benar paham terkait permasalahan zakat tidak terpilih menjadi petugas panitia amil zakat. Tidak terstrukturnya panitia amil zakay mengakibatkan ketidakmerataan penyaluran zakat fitrah dan tumpang tindih dan penyaluran zakat fitrah selain dibagikan ke 8 golongan asnaf sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam Surah At- Taubah Ayat 60 juga disalurkan kepada guru ngaji dan anak yatim piatu.Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif desktiptif. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil 8 responden dengan teknik random sampling dengan pendekatan normatif yang menilai masalah dilapangan sesuai atau tidak dengan ketentuan manajemen zakat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan penghimpunan dan penyaluran zakat fitrah di Masjid Al-Falah Desa Purun Kecamatan Penukal Kabupaten Pali dalam tinjauan manajemen zakat belum sepenuhnya benar karena penetapan panitia amil zakat yang tidak menggunakan strategi sehingga menyebabkan masyarakat membayar zakat fitrah dengan cara mengantarkan langsung kerumah mustahik, hal ini dikarenakan ada rasa ketidakpercayaan masyarakat terhadap amil zakat di Masjid Al-Falah Desa Purun dan tidak adanya proses pembacaan niat dan doa saat pembayaran zakat fitrah sehingga mengakibatkan ketidakmerataan penyaluran zakat fitrah dan beberapa mustahik menerima zakat fitrah lebih dari satu atau tumpang tindih. Penyaluran zakat fitrah selain diberikan kepada golongan asnaf juga diberikan kepada guru ngaji dan anak yatim piatu karena termasuk kedalam golongan fisabilillah dan miskin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penghimpunan, Penyaluran, Manajemen Zakat
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: SINDI FEBBIANTI 1930604103
Date Deposited: 06 May 2024 01:23
Last Modified: 06 May 2024 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37187

Actions (login required)

View Item View Item