NOVITA SARI, NIM. 11210136 (2015) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.
Text
NOVITA SARI (11210136).pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Sejarah Nabi Muhammad SAW Di SMP Negeri 46 Palembang”. Metode Sosiodrama sangat cocok untuk digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Sejarah Nabi Muhammad SAW. Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkan strategi pembelajaran untuk menyajikan materi-materi yang disampaikan agar membuat siswa menjadi aktif dan berpikir kritis, dengan menggunakan Metode Sosiodrama ini diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya Metode Sosiodrama. Peneliti ini melibatkan 2 kelas yaitu VII. 2 yang berjumlah 39 dan VII. 5 yang berjumlah 39. Kelas VII. 2 dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan VII. 5 dijadikan kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang tidak diterapkan Metode Sosiodrama (VII. 5 ) yaitu siswa yang mendapat nilai tinggi (70 keatas) diperoleh oleh 9 orang siswa dengan persentase (23,077%), sedang (48-78) diperoleh oleh 22 orang siswa dengan persentase (56,410%), rendah (48 kebawah) diperoleh oleh 8 orang siswa dengan persentase (20,512%). Hasil belajar siswa yang diterapkan Metode Sosiodrama (VII. 1 ) yaitu siswa yang mendapat nilai tinggi (90 keatas) diperoleh oleh 11 orang siswa dengan persentase (28,205 %), sedang (75-90) diperoleh oleh 14 orang siswa dengan persentase (35,897%), rendah (75 kebawah) diperoleh oleh 12 orang siswa dengan persentase (30,769%) Terdapat perbedaan yang singnifikan antara kelas yang tidak diterapkan Metode Sosiodrama . Hal ini dapat dilihat dari hasil uji “t 0 ”= 4,925 karena t hiting lebih kecil dari t tabel (baik pada taraf signifikasi 5% (1,99) dan 1% (2,64) dengan demikian maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternative ditolak. sesudah diterapkan Metode Sosiodrama berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t , diperoleh t hitung 4,925 lebih besar dari t tabel baik pada taraf signifikansi 5% (1,99) dan 1% (2,64), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan Metode Sosiodrama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sejarah Nabi Muhammad SAW di SMP 46 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 04:00 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 04:00 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3747 |
Actions (login required)
View Item |