IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK ANAK DISABILITAS MENURUT PASAL 40 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2016 (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kota Palembang)

fadli, amri (2024) IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK ANAK DISABILITAS MENURUT PASAL 40 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2016 (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kota Palembang). IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK ANAK DISABILITAS MENURUT PASAL 40 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2016 (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kota Palembang). (Unpublished)

[img] Text
JURNAL AMRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL AMRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan hak konstitusional bagi seluruh rakyat Indonesia, setiap warga Negara berhak mendapatkan jaminan pelayanan Pendidikan yang layak, serta adil dan merata. Tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki kelainan pada dirinya (Penyandang Disabilitas). Keluarga menjadi bagian terpenting dalam membentuk karakter anak sehingga orang tua harus mendidik anaknya dari hal yang mendasar agar anak bisa mengenyam kehidupan bersosial. Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah seharusnya memfasilitasi semua kebutuhan seperti anggaran dana, Sarana dan Prasarana, dan Informasi yang merata bagi menunjang kebutuhan Pendidikan yang berada di Indonesia karena Pendidikan merupakan kunci dari kemajuan Bangsa dan Negara, maka dari itu peneliti berkesempatan mengangkat Judul Penelitian yaitu Implementasi Pemenuhan Hak Anak di Disabilitas Menurut Pasal 40 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kota Palembang). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) di dinas pendidikan Kota Palembang dengan melakukan pendekatan Yuridis Normatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara yang mendalam (in-dept Interview). dokumentasi untuk mendeskripsikan masalah yang ada. Kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif secara sistematis dari hasil wawancara dan dokumentasi agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil dari penelitian ini berkesimpulan bahwa dalam pemenuhan hak pendidikan bagi anak penyandang disabilitas di Kota Palembang tidak terpenuhi sebagaimana mestinya, hal ini bisa di lihat dari anggaran dana yang tidak merata dan fasilitas seperti Sarana dan Prasarana yang belum ramah terhadap anak penyandang disabilitas di beberpa sekolah yang berada di Kota Palembang, kemudian kurangnya Informasi bagi orang tua dan anak penyandang disabilitas untuk sekolah Inklusi di Kota Palembang sehigga menyebabkan anak penyandang disabilitas tidak dapat menempuh pendidikan dasar. Kata Kunci : Pemenuhan, Pendidikan, Penyandang disabilitas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemenuhan, pendidikan, penyandang disabilitas
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: AMRI FADLI 1920101045
Date Deposited: 14 May 2024 01:06
Last Modified: 14 May 2024 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37476

Actions (login required)

View Item View Item