PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PENGOPLOSAN BAHAN BAKAR MINYAK DALAM PERSPEKTIF JARIMAH TAKZIR (STUDI TERHADAP PUTUSAN NOMOR: 429/Pid.B/LH/2020/pn.Plg.)

Iqbal, Muhammad (2024) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PENGOPLOSAN BAHAN BAKAR MINYAK DALAM PERSPEKTIF JARIMAH TAKZIR (STUDI TERHADAP PUTUSAN NOMOR: 429/Pid.B/LH/2020/pn.Plg.). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
skripsi repository muhammad iqbal.docx
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul dengan latar belakang Pertanggungjawaban pidana pengoplosan bahan bakar minyak merupakan tindak pidana yang sering terjadi di Indonesia. Masyarakat sering mencampur bahan bakar minyak bisa membuat berdampak buruk baik untuk pemerintah Negara.mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau bisnis dengan cara yang merugikan kepentingan masyrakat secara keseluruhan dan bangsa. adapun masalah penelitian ini adalah meliputi Dasar Pertimbangan Hakim serta Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Putusan Hakim.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman terhadap pelaku serta Tinjauan Hukum terhadap kasus tersebut. Metode penelitiannya menggunakan metode penelitian normatif yang di lakukan pada studi pustaka dengan mengumpulkan beberapa sumber pustaka. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, sekunder, tersier. Data disajikan secara deskriptif kemudian menarik suatu kesimpulan berdasarkan analisis yang telah di lakukan. Hasil penelitian ini adalah Temuan,pertimbangan,hakim,(Studi,terhadap,putusan,nomor:429/Pid.B/LH/2020/pn.Plg.) adalah Pasal 54 Undang-Undang RI No. 22 Tahun 2011 tentang migas Jo pasal 28 Undang-undang RI No . 22 Tahun 2011 tentang migas. Dan pasal dalam KUHAP. Dan pertimbangan hakim tersebut telah memenuhi aspek-aspek, baik dari aspek yuridis, sosiologis, dan filosofis. Mengenai Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Putusan Hakim terhadap pelaku Melawan hukum dengan sengaja Pengoplosan bahan bakar minyak yaitu berlakunya hukuman ta’zir. Hukuman bagi pelaku Pertanggungjawaban pidana pengoplosan bahan bakar minyak tidak dijelaskan secara tegas di dalam nash, maka dapat dikatakan hukuman yang berlaku berupa ta’zir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pertanggungjawaban Pidana,Pengoplosan bahan minyak, Ta’zir
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: MUHAMMAD IQBAL 1930103115
Date Deposited: 14 May 2024 03:57
Last Modified: 14 May 2024 03:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37522

Actions (login required)

View Item View Item