Fadli, Amri (2023) IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK ANAK DISABILITAS MENURUT PASAL 40 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2016 (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Slideshow
A5 AMRI FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Slideshow
A5 AMRI FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan hak konstitusional bagi seluruh rakyat Indonesia, setiap warga Negara berhak mendapatkan jaminan pelayanan Pendidikan yang layak, serta adil dan merata. Tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki kelainan pada dirinya (Penyandang Disabilitas). Keluarga menjadi bagian terpenting dalam membentuk karakter anak sehingga orang tua harus mendidik anaknya dari hal yang mendasar agar anak bisa mengenyam kehidupan bersosial. Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah seharusnya memfasilitasi semua kebutuhan seperti anggaran dana, Sarana dan Prasarana, dan Informasi yang merata bagi menunjang kebutuhan Pendidikan yang berada di Indonesia karena Pendidikan merupakan kunci dari kemajuan Bangsa dan Negara, maka dari itu peneliti berkesempatan mengangkat Judul Penelitian yaitu Implementasi Pemenuhan Hak Anak di Disabilitas Menurut Pasal 40 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kota Palembang). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) di dinas pendidikan Kota Palembang dengan melakukan pendekatan Yuridis Normatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara yang mendalam (in-dept Interview). dokumentasi untuk mendeskripsikan masalah yang ada. Kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif secara sistematis dari hasil wawancara dan dokumentasi agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil dari penelitian ini berkesimpulan bahwa dalam pemenuhan hak pendidikan bagi anak penyandang disabilitas di Kota Palembang tidak terpenuhi sebagaimana mestinya, hal ini bisa di lihat dari anggaran dana yang tidak merata dan fasilitas seperti Sarana dan Prasarana yang belum ramah terhadap anak penyandang disabilitas di beberpa sekolah yang berada di Kota Palembang, kemudian kurangnya Informasi bagi orang tua dan anak penyandang disabilitas untuk sekolah Inklusi di Kota Palembang sehigga menyebabkan anak penyandang disabilitas tidak dapat menempuh pendidikan dasar. Kata Kunci : Pemenuhan, Pendidikan, Penyandang disabilitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pemenuhan, Pendidikan, Penyandang disabilitas |
Subjects: | Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) |
Depositing User: | AMRI FADLI 1920101045 |
Date Deposited: | 14 May 2024 08:05 |
Last Modified: | 14 May 2024 08:05 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37533 |
Actions (login required)
View Item |