PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN PERMOHONAN WALI ADHAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang Tahun 2019-2021)

Irma, Lavania (2023) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN PERMOHONAN WALI ADHAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang Tahun 2019-2021). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Lavania Irma.pdf

Download (814kB)

Abstract

Wali merupakan salah satu rukun yang harus dipenuhi dalam pernikahan. Namun terkadang wali menolak atau enggan untuk menikahkan perempuan yang menjadi perwaliaannya yang disebut dengan wali adhal. Di Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang terdapat 11 kasus wali adhal dalam rentang tahun 2019-2021 dimana ada 5 kasus yang telah dipilih oleh peneliti untuk dipelajari dan diteliti lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah : (1)Untuk mengetahui mekanisme pengajuan permohonan wali adhal di Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang. (2) Untuk mengetahui pertimbangan hakim mengabulkan permohonan wali adhal perspektif hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris atau field research dan bersifat deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari hasil wawancara dan dokumentasi untuk menyelesaikan masalah, kemudian data di analisis dan diolah dengan metode kualitatif dengan menggambarkan hasil penelitian secara sistematis dari hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengajuan wali adhal harus memenuhi syarat dan memiliki alasan yang cukup untuk mengajukan, hakim akan sangat berhati-hati dalam memutuskan perkara karena akan berdampak di masa yang akan datang. Hakim memiliki tiga pertimbangan dalam mengabulkan permohonan wali adhal yaitu tidak berbeda agama yang dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 221, calon suami yang berkelakuan baik sesuai dengan hadist riwayat Muslim, dan dampak negatif di masa yang akan datang, dalam memutuskan perkara hakim pula memutuskan berdasarkan tiga kaidah fikih yaitu segala perkara tergantung dengan niatnya, kesulitan mendatangkan kemudahan, kemudaratan itu hendaklah dihilangkan. Kata kunci : Wali Adhal,Pertimbangan Hakim, Perspektif Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: kata kunci : wali adhal, pertimbangan hakim, persfektif hukum islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: LAVANIA IRMA 1920101036
Date Deposited: 14 May 2024 08:05
Last Modified: 14 May 2024 08:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37548

Actions (login required)

View Item View Item