ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUZAKKI TIDAK MEMBAYAR ZAKAT PENGHASILAN ( STUDI KASUS PENGUSAHA SARANG BURUNG WALET DESA KUALA SUNGAI PASIR KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OKI )

GUSTIAWAN, RIZAL (2024) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUZAKKI TIDAK MEMBAYAR ZAKAT PENGHASILAN ( STUDI KASUS PENGUSAHA SARANG BURUNG WALET DESA KUALA SUNGAI PASIR KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OKI ). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
cover.pdf - Accepted Version

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (301kB)

Abstract

Zakat penghasilan adalah zakat yang dikeluarkan dari apa yang di peroleh dari pekerjaan dan profesinya. Misalnya pekerjaan yang menghasilkan uang baik itu pekerjaan yang dikerjakan sendiri tanpa tergantung pada orang lain, berkat kecekatan tangan atau otak ( profesional ). Maupun pekerjaan yang dikerjakan seseorang buat pihak lain baik pemerintah, perusahaan, maupun perorangan dengan memperoleh upah yang di berikan, dengan tangan, otak, ataupun keduanya. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis apakah faktor-faktor yang mempengaruhi muzakki tidak membayar zakat penghasilan (Studi Kasus Pengusaha Sarang Burung Walet Di Desa Kuala Sungai Pasir Kecamatan Cengal Kabupaten OKI). Jenis penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer yaitu Pengusaha Sarang Burung Walet Desa Kuala Sungai Pasir Kec. Cengal Kab. OKI Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan 5 responden di temukan bahwa faktor-faktor yang mempengatuhi muzakki tidak membayar zakat penghasilan yaitu: kurangnya sosialisasi, Kurangnya ketaatan, Kurangnya pemahaman, Kurangnya kepercayaan. Adapun faktor internal dan eksternal Faktor internal terdiri dari keyakinan, Kesadaran, pendidikan dan pengetahuan serta pengalaman, Faktor eksternal terdiri dari faktor masyarakat, faktor sosialisasi dan faktor lokasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Zakat Penghasilan, Analisis, Lembaga Masjid
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: RIZAL GUSTIAWAN 1930604057
Date Deposited: 15 May 2024 01:25
Last Modified: 15 May 2024 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37576

Actions (login required)

View Item View Item