PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PEKERJA DI PT KALIMANTAN PRIMA PERSADA SITE PELH KABUPATEN LAHAT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Andiani, Luthfiyah (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PEKERJA DI PT KALIMANTAN PRIMA PERSADA SITE PELH KABUPATEN LAHAT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi done.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan hukum merupakan suatu upaya untuk melindungi pekerja dalam kaitannya dengan bagaimana mempertahankan kepentingan dan hak pekerja dilindungi. Hubungan pekerja dan pemberi kerja seringkali menimbulkan permasalahan yang dapat merugikan pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap hak-hak pekerja di PT Kalimantan Prima Persada Site PELH kabupaten Lahat perspektif hukum Islam dengan pokok permasalahan diantaranya, bagaimana perlindungan hukum terhadap hak-hak pekerja di PT Kalimantan Prima Persada Site PELH dan bagaimana perlindungan hukum terhadap hak upah dan hak keselamatan kerja di PT Kalimantan Prima Persada Site PELH ditinjau dari hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris yaitu, penelitian yang berdasarkan UU dan hukum Islam serta berdasarkan fakta-fakta yang ada di masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar bentuk perlindungan hukum terhadap hak-hak pekerja di PT Kalimantan Prima Persada Site PELH cukup terlaksana sebagaimana mestinya yang telah diatur oleh Undang-Undang dan hukum Islam. beberapa diantaranya seperti adanya kesepakatan perjanjian kerja yang dibuat secara tertulis, terkait upah sudah dipenuhi dan upah pokok yang sudah sesuai dengan Upah Minimum Kab/Kota Lahat, serta pelaksanaan perlindungan terhadap keselamatan kerja sudah terlaksana cukup optimal. Namun, secara keseluruhan tetap terdapat kendala atau permasalahan dikarenakan faktor penghambat yang mengakibatkan hak-hak dari setiap pekerja ada yang tidak terpenuhi. Luasnya ajaran Islam membuktikan bahwa Islam tidak hanya mengatur hubungan dengan Allah SWT tetapi juga mencakup urusan ketenagakerjaan, Islam sangat memperhatikan pemenuhan hak-hak pekerja, bahkan Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan agar upah dibayarkan sebelum keringat pekerja mengering.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Hak Pekerja, Hukum Islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: LUTHFIYAH ANDIANI 1930104113
Date Deposited: 15 May 2024 03:31
Last Modified: 15 May 2024 03:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37584

Actions (login required)

View Item View Item