ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA KREDITUR TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN DEBITUR DALAM PINJAMAN ONLINE PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH

Hermanda, M. Trias (2024) ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA KREDITUR TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN DEBITUR DALAM PINJAMAN ONLINE PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi M. Trias Hermanda pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan-permasalahan yang dinilai dapat menyebabkan kerugian bagi kreditur karena wanprestasi yang dilakukan oleh debitur dalam pinjaman online maka penulis tertarik untuk mengangkat judul skripsi “alternatif peynyelesaian sengketa kreditur terhadap wanprestasi yang dilakukan debitur dalam pinjaman online persepektif fiqh muamalah” Metodelogi penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan data kualitatif, yang berupa Alquran, hadist, undang-undang dasar, kitab undang-undang hukum perdata, Kompilasi Hukum Islam. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini (1) bagaimana alternatif penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan kreditur. (2) Bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap alternatif penyelesaian sengketa yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: 1) alternatif penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan oleh kreditur selaku pihak yang memberikan pinjaman atas wanprestasi yang dilakukan pihak debitur yaitu non litigasi yang mana merupakan jalur di luar pengadilan berupa negosiasi, mediasi, arbitrase. 2) Pandangan fiqh muamalah terhadap alternatif penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh kreditur dalam pinjaman online tidak sesuai dengan prinsip hukum ekonomi syariah yaitu Halal dan terhindar dari yang haram baik zatnya, Dalam praktiknya mengandung riba di dalamya yaitu adanya penambahan pengembalian jumlah pokok pinjaman sehingga objek yang di akadkan tidak terhindar dari yang haram.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: penyelesaian sengketa,pinjaman online,kreditur, fiqh muamalah.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: M. TRIAS HERMANDAU 1930104124
Date Deposited: 16 May 2024 02:20
Last Modified: 16 May 2024 02:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37598

Actions (login required)

View Item View Item