PENERAPAN ASAS TRANSPARANSI DALAM PENGELOLAAN ZAKAT (STUDI KASUS PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) SUMATERA SELATAN)

Kaulan, Lekat (2023) PENERAPAN ASAS TRANSPARANSI DALAM PENGELOLAAN ZAKAT (STUDI KASUS PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) SUMATERA SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSII FULL BAB PENGUJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

BAZNAS merupakan lembaga pemerintahan yang mengelola zakat yang telah di keluarkan oleh Muzzaki dan di salurkan kepada mustahik yang berhak menerimanya, di dalam pengelolaan zakat harus sesuai dengan asas-asas yang berlaku salah satunya adalah asas transparansi, karna asas transparansi merupakan suatu hal penting di dalam suatu lembaga termasuk BAZNAS agar tidak ada kecurigaan dan kesalah pahaman antara masyarakat, Muzzaki dan BAZNAS. Berdasarkan pentingnya asas transparansi pada latar belakang tersebut, terdapat dua hal yang di kaji di dalamnya yaitu: 1) Bagaimana pengelolaan zakat pada BAZNAS sumatera selatan dalam perspektif asas tranparansi? 2.) Apa saja hambatan yang di hadapi dalam menerapkan asas transparansi pada baznas sumatera selatan? Metodologi penelitian yang di gunakan dalam skripsi ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dan penelitian ini menggunakan jenis data penelitian kualitatif. Sumber data yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari peneitian ini dapat di simpulkan Baznas sumatera selatan sudah menerapkan sesuai dengan indikator transparansi yang mana indikator transparansi tersebut adalah ketersediaannya dokumen, kejelasan dan kelengkapan informasi, ketersediaan sarana dan prasarana dan ketersediannya informasi untuk di publikasikan, selain itu juga peneliti melakukan penelitian kepada masyarakat sumatera selatan dan di buat angket di dapatkan kesimpulan bahwa BAZNAS sumatera selatan sudah menerapkan asas transparansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: BAZNAS sumatera selatan, Penerapan Asas Transparansi
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: LEKAT KAULAN 1930104207
Date Deposited: 16 May 2024 02:21
Last Modified: 16 May 2024 02:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37603

Actions (login required)

View Item View Item