DEGRADASI MORAL PADA REMAJA PERSPEKTIF FILSAFAT MORAL HAMKA (Studi Kasus terhadap Remaja di Kelurahan 36 Ilir Tangga Buntung Palembang)

SEPTIANI, SARLY (2024) DEGRADASI MORAL PADA REMAJA PERSPEKTIF FILSAFAT MORAL HAMKA (Studi Kasus terhadap Remaja di Kelurahan 36 Ilir Tangga Buntung Palembang). DEGRADASI MORAL PADA REMAJA PERSPEKTIF FILSAFAT MORAL HAMKA (Studi Kasus terhadap Remaja di Kelurahan 36 Ilir Tangga Buntung Palembang). (Unpublished)

[img] Text
Jurnal Sarly Septiani.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui Degradasi Moral pada Remaja Perspektif Filsafat Moral Hamka (studi kasus terhadap remaja di Kelurahan 36 Ilir Tangga Buntung Palembang). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana gambaran moral remaja di Kelurahan 36 Ilir Tangga Buntung Palembang. Kedua, degradasi moral remaja di Kelurahan 36 Ilir Tangga Buntung Palembang dalam perspektif Filsafat Moral Hamka. Penelitian ini adalah Penelitian lapangan (Field Research) dengan melakukan observasi di lapangan. Model pendekatan penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif . Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Data primer terdiri dari observasi di lapangan. Sedangkan datal sekunder yaitu berupal lbuku-buku lyang membahas mengenai filsafat moral. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa telah terjadi degradasi moral remaja di Kelurahan 36 Ilir Tangga Buntung Palembang. Adapun faktor-fakor penyebab terjadinya degradasi moral remaja di Kelurahan 36 Ilir Tangga Buntung Palembang yaitu pengaruh lingkungan, kelalaian orang tua, pengaruh media sosial, dan rendahnya tingkat pendidikan keagamaan. Degradasi moral remaja di Kelurahan 36 Ilir Tangga Buntung Palembang Dalam perspektif Filsafat Moral Hamka ada 3 teori pendekatan moral yaitu hedonismE, utilitarisme dan deontologi.

Item Type: Article
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: SARLY SEPTIANI 1830302112
Date Deposited: 16 May 2024 07:09
Last Modified: 16 May 2024 07:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37634

Actions (login required)

View Item View Item