ANALISIS ‘URF TERHADAP PRAKTEK ADAT DIPASIALA DALAM PERNIKAHAN MASYARAKAT BUGIS (Studi Kasus Desa Air Solok Batu Kabupaten Banyuasin )

BATARA, BESSE TENRI EVIE (2024) ANALISIS ‘URF TERHADAP PRAKTEK ADAT DIPASIALA DALAM PERNIKAHAN MASYARAKAT BUGIS (Studi Kasus Desa Air Solok Batu Kabupaten Banyuasin ). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
repository besse.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tradisi dipasiala atau perjodohan pada masyarakat Bugis di Desa Air Solok Batu yang biasanya dilakukan dengan pemaksaan sehingga seringkali berakhir dengan perpisahan. Sehingga tradisi dipasiala yang seringkali berakhir pada perceraian sudah semestinya untuk dikaji berdasarkan tinjauan ‘urf. Jenis penelitian ini adalah field research. Lokasi penelitian di Dusun III Sungai Kerampak Desa Air Solok Batu, Kabupaten Banyuasin. Jenis data kualitatif. Sumber data berasal dari data primer, sekunder, dan tersier. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data memakai teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktek adat dipasiala di Desa Air Solok Batu Kabupaten yang dilakukan dengan persetujuan dari anak kebanyakan berakhir dengan bahagia. Namun perjodohan yang dilakukan dengan unsur pemaksaan terhadap anak biasanya akan berakhir pada perceraian. Dari segi keabsahannya tradisi dipasiala yang dilakukan oleh masyarakat Bugis di Desa Air Solok bisa termasuk dalam kategori ‘urf shahih dan bisa juga termasuk ‘urf fasid, tergantung dari pelaksanaan serta implikasi dari tradisi dipasiala tersebut, apakah sudah sesuai dengan syariat hukum Islam dan kemaslahatan atau tidak. Namun kebanyakan tradisi dipasiala yang dilakukan di Desa Air Solok Batu merupakan ‘urf fasid karena umumnya dipasiala dilakukan dengan pemaksaan dan justru mendatangkan mudharat serta bertentangan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dipasiala, Perjodohan, ‘Urf.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: BESSE TENRI EVIE BATARA 1930101148
Date Deposited: 16 May 2024 07:09
Last Modified: 16 May 2024 07:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37637

Actions (login required)

View Item View Item