KEBIJAKAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR PALEMBANG JAYA TERHADAP TATA KELOLA PASAR (Analisis Filsafat Lingkungan Alexander Sonny Keraf)

SARI, DESI ROMILAH (2024) KEBIJAKAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR PALEMBANG JAYA TERHADAP TATA KELOLA PASAR (Analisis Filsafat Lingkungan Alexander Sonny Keraf). KEBIJAKAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR PALEMBANG JAYA TERHADAP TATA KELOLA PASAR (Analisis Filsafat Lingkungan Alexander Sonny Keraf). (Unpublished)

[img] Text
artikel DESI ROMILAH SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui kebijakan Perusahaan Daerah Pasar Palembang Jaya (PDPPJ) Kota Palembang mengenai tata kelola pasar dalam perspektif Filsafat Lingkungan A. Sonny Keraf. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana kebijakan perusahaan daerah pasar palembang jaya mengenai tata kelola pasar. Kedua, bagaimana kebijakan perusahaan daerah pasar palembang jaya ditinjau dari konsep filsafat lingkungan A. Sonny Keraf. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu terdiri dari aturan, kebijakan-kebijakan mengenai tata kelola pasar. Sedangkan data sekunder yaitu berupa buku-buku yang membahas mengenai tata kelola pasar, dan juga buku-buku yang membahas mengenai lingkungan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa perda-perda Perusahaan Daerah Pasar Palembang Jaya hampir dominan bersesuaian dengan prinsip-prinsip konsep lingkungan A. Sonny Keraf. Diantaranya tentang Melek ekologi: terdapat pada Peraturan Daerah no.1 tahun 2021 tentang tata kelola pasar selanjutnya Holistik-Ekologis: terdapat Peraturan Daerah no.2 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, dan juga konsep bioregionalisme: terdapat pada Peraturan daerah lno. 3 tahun 2015 tentang Pengelolahan Sampah Rumah Tangga dan Sampah sejenis Sampah Rumah Tangga. Kata Kunci: Lingkungan Pasar, Kebijakan, A. Sonny Keraf.

Item Type: Article
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: DESI ROMILAH SARI 1830302089
Date Deposited: 20 May 2024 02:24
Last Modified: 20 May 2024 02:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37662

Actions (login required)

View Item View Item