Adib, Muhammad (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim Di Media Sosial Instagram. Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim Di Media Sosial Instagram, 10 (2). pp. 165-182. ISSN 2355-0147 (P); 2807-6893
|
Text
Jurnal Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Museum Batu Bara Bukit Asam Tanjung Enim Di Media Sosial Instagram.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal.pdf Download (364kB) | Preview |
Abstract
Salah satu langkah Tanjung Enim sebagai kota wisata adalah pembangunan Museum Batubara Bukit Asam. Museum ini adalah salah satu dana yang dipergunakan untuk penyimpanan, koleksi, pelestarian, penelitian, pendidikan, serta hiburan. Peresmian ini artinya PT Bukit Asam ((PTBA)) menunjukkan keseriusan terhadap visi keberlanjutan, khususnya pengelolaan rakyat serta lingkungan yang berkelanjutan. Kami berharap menggunakan pengelolaan yang baik dan keterlibatan sebagian masyarakat akan membawa manfaat yang besar pada masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial (online), yaitu Instagram yang dilakukan oleh Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan terdiri dari Manager dan Marketing Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim, para wisatawan lokasi penelitian dan laman instagram Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam memenuhi keabsahan data penelitian ini digunakan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim melalui akun Instagramnya @museumbatubara telah melakukan strategi komunikasi pemasaran yang dirancang oleh internal Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim. Dalam pemasaran objek wisata Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim dilakukan komunikasi pemasaran dengan menggunakan teori Circular Model Of SOME melalui share, optimize, manage, dan engage. Terbukti pihak Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim membagikan unggahan foto maupun video di akun Instagramnya. Mengoptimalkan fungsi serta keunggulan yang dimiliki instagram itu sendiri seperti fitur. Pengelolaan akun instagram secara komprehensif. Dan tetap menjaga hubungan publik melalui media sosial.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Wisata Museum, Instagram |
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam 600 Teknologi > Teknologi (umum), Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD ADIB 1910501016 |
Date Deposited: | 20 May 2024 02:25 |
Last Modified: | 20 May 2024 02:25 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37691 |
Actions (login required)
View Item |