Pengaruh Literasi Digital terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa yang Menggunakan Aplikasi E-Library Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Wijaksana, Muhammad Dewa Satria (2024) Pengaruh Literasi Digital terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa yang Menggunakan Aplikasi E-Library Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (129kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Kompetensi literasi digital merupakan kemampuan untuk memproses berbagai sumber informasi berbasis teknologi digital, memahami informasi yang didapatkan, dan dapat mengkomunikasikan informasi dalam format digital guna memenuhi kebutuhan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa yang menggunakan aplikasi e-library Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Responden dalam penelitian adalah mahasiswa yang menggunakan aplikasi e�library Universitas Islam Negeri Raden Fatah yang berjumlah 196 orang. Hasil dari penelitian ini meunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh signifikan terhadap kebutuhan informasi mahasiwa. Tinggi pengaruh literasi digital terhadap kebutuhan informasi sebesar 31,3%. Selain itu, arah pengaruhnya positif yang artinya semakin tinggi tingkat literasi digital maka semakin tinggi pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa. Kesimpulannya adalah kemampuan literasi digital mahasiswa yang menggunakan aplikasi e-library Universitas Islam Negeri Raden Fatah berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Kebutuhan Informasi, Aplikasi E-Library
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: MUHAMMAD DEWA SATRIA WIJAKSANA
Date Deposited: 20 May 2024 02:25
Last Modified: 20 May 2024 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37715

Actions (login required)

View Item View Item