TINGKAT PEMAHAMAN PENGUSAHA WALET TERHADAP KEWAJIBAN MEMBAYAR ZAKAT DI DESA PANCAWARNA KECAMATAN PEDAMARAN TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Riska, Andini (2024) TINGKAT PEMAHAMAN PENGUSAHA WALET TERHADAP KEWAJIBAN MEMBAYAR ZAKAT DI DESA PANCAWARNA KECAMATAN PEDAMARAN TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER (Riska Andini).pdf

Download (94kB)
[img] Text
ABSTRAK (Riska Andini).pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I (Riska Andini).pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II (Riska Andini).pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III (Riska Andini) .pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV (Riska Andini).pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V (Riska Andini).pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (Riska Andini).pdf

Download (168kB)

Abstract

Zakat adalah ibadah fardhu yang wajib atas setiap muslim untuk menunaikannya dengan syarat-syarat tertentu. Zakat dibagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat maal , zakat ini diberikan kepada 8 golongan yang berhak menerimanya. Zakat dari hasil usaha walet termasuk kedalam zakat maal yaitu zakat pengusaha yang wajib dibayar atas setiap muslim yang telah mencapai Nisab dan Haul yang ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di desa Pancawarna kecamatan pedamaran Timur Kabupaten Ogan komering ilir . Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif . populasi yang dipilih penulis untuk dijadikan objek penelitian yaitu 15 orang pengusaha walet di Desa Pancawarna kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penulis juga melakukan beberapa cara teknik pengumpulan data yakni Observasi , Wawancara , dan Dokumentasi, serta data Sekunder diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada, seperti didapat dari buku , jurnal , internet, majalah , maupun laporan-laporan terdahulu. Pemahaaman pengusaha walet terhadap kewajiban membayar zakat di desa Pancawarna Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir belum memahami mengenai zakat usaha walet . masyarakat memiliki pandangan yang berbeda mengenai zakat sarang burung walet Karena masyarakat tidak mengetahui apakah zakat tersebut termasuk kedalam zakat perkebunan atau zakat pengusaha , kurangnya pemahaman tersebut berhubungan dengan pengertian zakat usaha walet , ,nisab , dan haul zakat usaha walet serta tata cara pengeluaran zakat hasil usaha walet . juga belum adanya petugas-petugas yang berperan dalam mengurus zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kewajiban , Pemahaman, Zakat usaha walet
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: RISKA ANDINI 2030604082
Date Deposited: 20 May 2024 02:25
Last Modified: 20 May 2024 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37719

Actions (login required)

View Item View Item