TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP METODE PENGUMPULAN DANA ZAKAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA PALEMBANG MELALUI APLIKASI KITABISA DALAM PROGRAM PALEMBANG PEDULI

Anggeraini, Nini (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP METODE PENGUMPULAN DANA ZAKAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA PALEMBANG MELALUI APLIKASI KITABISA DALAM PROGRAM PALEMBANG PEDULI. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI SIDANG NINI ANGGERAINI FX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Metode Pengumpulan Dana Zakat Oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Palembang melalui aplikasi Kitabisa dalam program Palembang Peduli. Latar belakang penelitian menjelaskan perlunya menerapkan Asas-asas Hukum Ekonomi Syariah dalam pengumpulan dana zakat melalui platform Kitabisa. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengelolaan zakat mematuhi Asas-asas Islam, transparan, efisien, dan memberikan manfaat maksimal bagi mereka yang membutuhkan. Rumusan masalah penelitian mencakup dua aspek utama: (a) Bagaimana mekanisme BAZNAS Kota Palembang untuk mewujudkan Program Palembang Peduli melalui Aplikasi Kitabisa? (b) Bagaimana analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap pelaksanaan program Palembang peduli? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui mekanisme BAZNAS Kota Palembang dalam mewujudkan Program Palembang Peduli melalui Aplikasi Kitabisa dan untuk mengetahui analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap pelaksanaan program Palembang peduli. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian normatif empiris dengan sumber data yang diperoleh langsung melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang menguraikan dan menganalisis permasalahan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengumpulan dana untuk Program Palembang Peduli didukung oleh berbagai sumber, termasuk zakat ASN kota Palembang, dana APBN, dan kontribusi dari masyarakat melalui Aplikasi Kitabisa. Mekanisme pengumpulan dana melalui Kitabisa terbukti efektif, dengan BAZNAS Pusat mengumpulkan dana dari muzakki dan mendistribusikannya ke BAZNAS di berbagai kabupaten dan kota. Dalam perspektif hukum ekonomi syariah, Kitabisa berperan sebagai perantara (wasathah) antara muzakki dan lembaga amil zakat resmi. Kitabisa tidak memiliki hak atas dana zakat tersebut, karena dana zakat merupakan milik umum dan hanya dapat digunakan untuk kepentingan yang sah menurut hukum Islam. Sistem pengumpulan zakat online yang dilakukan oleh Kitabisa dianggap sah, karena tetap mempertahankan unsur akad (ijab qobul), meskipun dilakukan secara tidak langsung. Yang terpenting adalah niat muzakki dalam membayarkan zakat, karena niat merupakan rukun utama dalam berzakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Kitabisa, Palembang Peduli
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: NINI ANGGERAINI 1930104131
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:25
Last Modified: 07 Jun 2024 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37730

Actions (login required)

View Item View Item