ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP KOMPENSASI BAGI WARGA YANG TERDAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN PETERNAKAN AYAM (STUDI PETERNAKAN AYAM DI DESA PETALING KABUPATEN BANYUASIN)

Rahmaditya, Hafizon Mifta (2024) ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP KOMPENSASI BAGI WARGA YANG TERDAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN PETERNAKAN AYAM (STUDI PETERNAKAN AYAM DI DESA PETALING KABUPATEN BANYUASIN). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Hafizon Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima baik berupa fisik maupun non fisik. Kompensasi juga berarti imbalan yang diterima oleh seseorang atas dampak negatif yang dirasakan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Islam menekankan perlunya keadilan dalam segala hal, salah satunya mengenai kompensasi akibat dampak negatif dari suatu usaha. Seperti yang terjadi di Peternakan Ayam yang berada di desa Petaling, dimana peternakan ini berada di sekitar permukiman warga, sehingga warga sekitar terkena dampak lingkungan dari peternakan ayam tersebut, oleh sebab itu pemilik peternakan ayam di desa Petaling memberikan kompensasi kepada warga sekitar peternakan ayam yang terkena dampaknya. Pokok kajian dalam penelitian ini adalah Bagaimana Bentuk Kompensasi Yang Diberikan Kepada Warga Yang Terkena Dampak Dari Usaha Peternakan Ayam di Desa Petaling dan Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Kompensasi Yang Diberikan Oleh Pemilik Peternakan Kepada Warga Yang Terkena Dampak Dari Peternakan Ayam. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana Kompensasi Yang Diberikan Kepada Warga Yang Terkena Dampak Dari Usaha Peternakan Ayam di Desa Petaling dan Untuk mengetahui apakah kompensasi yang diberikan kepada warga yang terkena dampak dari peternakan ayam sudah sesuai dengan hukum ekonomi syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang sumber datanya diambil secara langsung di desa petaling dengan cara mengamati secara langsung kejadian yang terjadi di lokasi penelitian (observasi), wawancara langsung dengan responden, dan dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif dan disimpulkan secara dedukatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Bentuk kompensasi yang diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak dari usaha peternakan ayam yaitu penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat sekitar, terciptanya peluang usaha baru untuk masyarakat sekitar dan tersedianya pupuk kandang yang dapat membantu para petani di desa Petaling untuk kebutuhan kebun mereka dan Menurut pandangan hukum ekonomi syariah kompensasi yang diberikan kepada masyarakat sekitar sudah sesuai karena dilihat dari, objek, bentuk dan akadnya yang tidak menyalahi aturan dalam hukum Islam. Kompensasi yang diberikan pemilik usaha peternakan ayam di Desa Petaling kepada masyarakat sekitar yang terkena dampak dari peternakan ayam tersebut sudah mencapai keadilan bagi kedua belah pihak. Peternakan ayam di desa petaling banyak membantu masyarakat sekitar dalam bidang pekerjaan sehingga kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar meningkat setelah adanya peternakan ayam di desa Petaling. Kata Kunci: Kompensasi, Peternakan Ayam, Dampak Lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompensasi, Peternakan Ayam, Dampak Lingkungan
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: HAFIZON MIFTA RAHMADITYA 1830104206
Date Deposited: 21 May 2024 01:09
Last Modified: 21 May 2024 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37739

Actions (login required)

View Item View Item