TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENAMBAHAN BIAYA RENTAL MOBIL TANPA PERJANJIAN TERLEBIH DAHULU (STUDI KASUS DI CV RINRIN KOTA PALEMBANG)

Linda Wati, Rosa (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENAMBAHAN BIAYA RENTAL MOBIL TANPA PERJANJIAN TERLEBIH DAHULU (STUDI KASUS DI CV RINRIN KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI OCA 15 DES 2023 (1).doc
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan sewa-menyewa yang banyak dilakukan saat ini adalah sewa- menyewa kendaraan, khususnya mobil, karena mobil sudah menjadi salah satu transportasi yang sangat memudahkan aktivitas. Akad sewa menyewa mobil dapat diklasifikasikan sebagai akad ijarah bi al-manfa’ah dengan mengedepankan prinsip keadilan, kejujuran, transparansi, dan saling menguntungkan. Penelitian ini ditulis berdasarkan pandangan secara umum tentang sewa menyewa dalam tinjauan fiqih muamalah dan Hukum Ekonomi Syariah, yang dilihat dari syarat, rukun, serta mekanismenya. Adapun rumusan masalahnya yakni bagaimana sistem pengaturan penentuan harga terkait dengan tindakan penaikan harga dan pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik pembayaran pada rental mobil. Penulis menggunakan bentuk penelitian empiris yakni field research (lapangan) dengan menggunakan metode observasi langsung, penulis datang ke lokasi penelitian untuk melihat secara langsung dan melakukan wawancara bersama narasumber. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer, dengan analisis data yang digunakanan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan mekanisme sewa menyewa mobil di CV Rinrin pada dasarnya sudah menerapkan prinsip sesuai Hukum Ekonomi Syariah, namun masih terdapat beberapa kecacatan, seperti persyaratan yang tidak diberlakukan bagi penyewa yang dikenal oleh pemilik CV, serta perjanjian yang dilanggar oleh penyewa saat terjadi kerusakan mobil sewaan yang seharusnya ditanggung secara penuh oleh penyewa. Untuk itu ada baiknya CV Rinrin bisa lebih memperhatikan persyaratan sewa mobil tanpa membeda-bedakan penyewa yang sudah dikenal atau tidak, hal ini untuk menghindari resiko kerugian yang diakibatkan oleh penyewa. Selain itu, perlunya opsi saat terjadi kerusakan mobil akibat kecelakaan yang disebabkan penyewa, karena bisa jadi pada saat kejadian penyewa tidak bisa bertanggung jawab penuh secara finansial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah, Ijarah, sewa Menyewa
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Depositing User: ROSA LINDA WATI 1930104242
Date Deposited: 21 May 2024 01:09
Last Modified: 21 May 2024 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37745

Actions (login required)

View Item View Item