AKAD SALAM TERHADAP KETENTUAN HARGA PASAR BENIH PADI DIMASA PANDEMI DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH ( STUDI DI DESA PEGAYUT KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR )

Mustain SH, Muhammad Amri (2023) AKAD SALAM TERHADAP KETENTUAN HARGA PASAR BENIH PADI DIMASA PANDEMI DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH ( STUDI DI DESA PEGAYUT KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR ). Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI REVISI AFTER MUNAQOASAH AMRI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI REVISI AFTER MUNAQOASAH AMRI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI REVISI AFTER MUNAQOASAH AMRI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI REVISI AFTER MUNAQOASAH AMRI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI REVISI AFTER MUNAQOASAH AMRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul " Akad Salam Terhadap Ketentuan Harga Pasar Benih Padi di Masa Pandemi Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah ( Studi Di Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir ) Latar Belakang Penelitian ini Adalah tentang ketentuan harga sepihak yang dilakukan antara pedagang eceran dan pembeli, yang ditinjau dari hukum islam. Dimana penjual melakukan perubahan harga terhadap barang yang dijualkan kepada pembeli. Perubahan harga dilakukan dikarenakan pada masa pandemi saat ini semua bahan pokok mengalami lonjakan harga dan juga permintaan terhadap benih padi tersebut mengalami lonjakan harga dan juga permintaan terhadap benih padi tersebut mengalami lonjakan harga dari petani sedangkan benih tersebut tidak menentu banyak atau sedikitnya tersedianya benih padi, jadi penjual menaikan harga benih padi tersebut. Rumusan Masalah 1)Pelaksanaan akad sepihak terhadap ketentuan harga pasar benih padi di Desa pegayut kecamatan pemulutan kabupaten ogan ilir? 2) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan akad sepihak dalam ketentuan harga pasar benih padi dimasa pandemi? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Field research ) dilakukan dengan cara langsung di lokasi penelitian dengan melihat dan mengamati secara mendalam suatu permasalahan yg diteliti. Penentuan harga sepihak yg dilakukan oleh pedagang ( pengecer ) pada pembeli dalam jual beli benih padi yg dilakukan didesa pegayut kecamatan pemulutan kabupaten ogan ilir tersebut dilakukan dengan berbagai sebab, yaitu dimasa pandemi covid-19 seluruh bahan pokok khususnya sektor pertanian mengalami lonjakan harga dan juga permintaan yg meningkat dari masyarakat terhadap benih padi tersebut. Menurut hukum islam penentuan harga yg dilakukan oleh penjual ( pedagang pengecer ) itu boleh dilakukan karena baik penjual maupun pembeli telah mencapai kesepakatan antara dual belah pihak yaitu penjual telah menyebutkan harga, sifat-sifat dan jenis serta banyaknya benih padi yg diperoleh pembeli pada waktu akad atau perjanjian dibuat Kata Kunci : Akad, Salam, Penentuan Harga, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Akad, Salam, Penentuan Harga, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: MUHAMMAD AMRI MUSTAIN 1820104125
Date Deposited: 21 May 2024 01:09
Last Modified: 21 May 2024 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37762

Actions (login required)

View Item View Item