Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Petani Karet Dalam Membayar Zakat Pertanian (Studi Pada Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten PALI Sumatera Selatan)

Tiara, Tiara (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Petani Karet Dalam Membayar Zakat Pertanian (Studi Pada Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten PALI Sumatera Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I TIARA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I TIARA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I TIARA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II TIARA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB III TIARA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV TIARA 1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB V TIARA 4.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Salin-Cover TIARA.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Salin1-DAFTAR PUSTAKA TIARA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Salin1-ABSTRAK TIARA.pdf

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK: Untuk memberi pemahaman serta pengetahuan pada masyarakat mengenai zakat diperlukan lembaga yang profesional dan transfaran sehingga menimbulkan rasa kesadaran, kepercayaan serta keinginan masyarakat untuk membayar zakat pertanian di Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Pali. Pada dasarnya zakat memiliki banyak potensi yang sangat besar dan layak untuk di kembangkan dalam menggerakan perekonomian negara. Penelitian ini untuk mengetahui apa saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Petani Karet Dalam Membayar Zakat Pertanian (Studi Pada Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Pali). ​ ​Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang memaparkan atau menjelaskan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif itu sendiri adalah jenis penelitian yang pengumpulan data pada suatu karya ilmiah dengan tujuan untuk menafsirkan suatu fenomena yang terjadi pada objek yang diteliti, temuan-temuan yang tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Sedangkan deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala atau hubungan antara dua gejala atau lebih. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengambilan data primer dan sekuder. Penelitian ini selain berdasarkan data kepustakaan mengenai teori-teori atau konsep-konsep, penelitian ini juga memerlukan pencermatan dilapangan terhadap objek penelitiannya yaitu petani karet Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Pali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman petani terkait intensi atau sikap petani karet yang tidak membayar zakat pertanian, petani dalam mengeluarkan zakat pertanian dapat diambil kesimpulan bahwa masih minimnya pengaruh masyarakat tentang adanya zakat pertanian bahkan ada beberapa petani karet baru mengetahui kewajiban membayar zakat pertanian sekali panen, yang dibayarkan petani selama ini berupa sadhaqah yang dibayarkan ke masjid. Jadi faktor-faktor yang mempengaruhi intensi petani karet dalam membayar zakat pertanian adalah faktor eksternal dan internal, faktor eksternal terdiri dari terdiri dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal terdiri dari Sosialisasi dan Edukasi, Lembaga Pengelola Zakat dan Faktor Teman atau Keluarga. Sedangkan faktor internal terdiri dari Religiusitas, Kesadaran, Pendidikan, Pengetahuan dan Pengalaman. Faktor internal dan eksternal lebih didominasi oleh ketidakpahaman sehingga sikap yang muncul tidak sesuai harapan. Kata kunci: Zakat Pertanian, Intensi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Tiara - -
Date Deposited: 07 Aug 2024 01:31
Last Modified: 07 Aug 2024 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37763

Actions (login required)

View Item View Item