VALIDITAS MEDIA E-MAJALAH PADA MATERI PLANTAE BERDASARKAN HASIL IDENTIFIKASI TUMBUHAN MONOKOTIL DI TAMAN PERTANIAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Maharani, Sahira (2024) VALIDITAS MEDIA E-MAJALAH PADA MATERI PLANTAE BERDASARKAN HASIL IDENTIFIKASI TUMBUHAN MONOKOTIL DI TAMAN PERTANIAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi Sahira Maharani fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam era industri 4.0 sekolah harus melakukan adaptasi terhadap kemajuan teknologi. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah penggunaan media e-majalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan monokotil dan menghasilkan media e-majalah yang valid pada materi plantae berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan monokotil di taman Pertanian kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yakni define (Pendefinisian), design (Perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (Penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Pengumpulan data identifikasi tumbuhan monokotil di taman pertanian Kabupaten Musi Banyuasin berdasarkan morfologi akar, batang dan daun. Sedangkan pengembangan media e-majalah divalidasi oleh validator ahli materi, media dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 12 spesies tumbuhan monokotil yang terdiri dari kelapa (Cocos nucifera L.), kurma (Phoenix dactylifera L.), palem ekor tupai (Wodyetia bifurcata A.K.Irvine), palem kipas cina (Livistona chinensis (Jacq.) R.Br. ex Mart.), palem merah (Cyrtostachys renda Blume), Stapf), adam hawa (Rhoeo discolor (L’Hér.) Hance ex Walp.),hanjuang merah (Cordyline fruticosa L.), lili paris (Chlorophytum comosum (Thunb.) Jacques), lili hujan (Zephyrantes candida L.), serai (Cymbopogon citratus (DC.), lengkuas (Alpinia galanga L.), supit udang (Heliconia psittacorum L.f). Hasil validasi e-majalah oleh ahli materi sebesar 97,5%, ahli media sebesar 95,0%, dan ahli bahasa diperoleh nilai 95,0% dengan kategori sangat valid. Rata-rata hasil validitas dari ketiga validator adalah 95,8% dengan kategori sangat valid. Kata Kunci : E-majalah, identifikasi, plantae, taman pertanian kabupaten Musi Banyuasin, tumbuhan monokotil.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: E-majalah, identifikasi, plantae, taman pertanian kabupaten Musi Banyuasin, tumbuhan monokotil.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: SAHIRA MAHARANI 2020207041
Date Deposited: 27 May 2024 02:58
Last Modified: 27 May 2024 02:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37820

Actions (login required)

View Item View Item