PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERPANJANGAN 9 TAHUN MASA JABATAN KEPALA DESA (Studi Pada Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin)

SUSANTO, HERI (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERPANJANGAN 9 TAHUN MASA JABATAN KEPALA DESA (Studi Pada Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
HERI_SUSANTO 2030702078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas persepsi masyarakat terhadap perpanjangan 9 tahun masa jabatan kepala desa di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Sehubungan dengan terjadinya demo oleh kepala desa yang menuntut perpanjangan masa jabatan, karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi masyarakat mengenai perpanjangan masa jabatan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap perpanjangan masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Teknik pengumumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada kepala desa, tokoh masyarakat, dan warga desa. Karena penelitian ini bersifat menggambarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat setuju dengan perpanjangan masa jabatan kepala desa selama sembilan tahun. Namun, kesepakatan ini tidak selalu berarti bahwa perpanjangan masa jabatan memiliki dampak positif. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa persepsi masyarakat yang setuju terutama disebabkan oleh tipe masyarakat foedal, rendahnya pemahaman tentang demokrasi, dan kurangnya pendidikan politik. Kata Kunci: Perpanjangan masa jabatan kepala desa, Masyarakat, Demokrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 27 May 2024 02:59
Last Modified: 27 May 2024 02:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37834

Actions (login required)

View Item View Item