DINAMIKA TOLERANSI BERAGAMA MENJELANG PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2024 ANALISIS ISI TERHADAP BERITA POLITIK ( STUDI PADA PORTAL MEDIA BERITA ONLINE KOMPAS.COM )

AULIA, REZA (2024) DINAMIKA TOLERANSI BERAGAMA MENJELANG PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2024 ANALISIS ISI TERHADAP BERITA POLITIK ( STUDI PADA PORTAL MEDIA BERITA ONLINE KOMPAS.COM ). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
REZA AULIA 2030702119.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena menjelang pilpres penggunaan simbol agama rentan terjadi dimana saja dan kapan saja termasuk pemberitaan, salah satu media yang meliput tentang toleransi beragama pada saat pemilihan presiden dan wakil presiden yaitu dari media berita kompas.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika toleransi beragama dalam menjelang pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 portal media kompas.com. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan masuk kedalam jenis penelitian kepustakaan, data primer penelitian bersumber dari media online kompas.com, dan data sekunder. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu telaah dokumen atau biasa yang disebut dengan dokumentasi, dan teknik analisis data reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang di peroleh yaitu Pemberitaan Kompas.com mengenai toleransi beragama menjelang pilpres 2024 dengan aspek-aspek menurut Kevin Osborn yaitu penerimaan dalam berita politik digunakan untuk pengakuan dari orang lain. Penghargaan, dalam berita politik sebagai ketersediaan untuk saling menghargai. Kemudian, aspek kebebasan dalam berita politik berkaitan dengan kesabaran, yang mengarah pula pada sikap simpatik pada perbedaan yang ada. Toleransi dalam aspek kesabaran adalah suatu bentuk ketersediaan orang lain bersabar terhadap keyakinan, moral, dan filosofis orang lain meskipun berbeda. Serta kerjasama, dalam berita politik merupakan bentuk dukungan atau bantuan yang dilakukan oleh sesama kelompok dengan perbedaan yang ada. Pembingkaian berita politik kompas.com dengan teori framing Robert N. Entman dalam berita tersebut telah menggambarkan keadaan toleransi beragama pada beberapa wilayah, dalam berita toleransi beragama tersebut berisi pula beberapa tujuan oleh para tokoh yang terlibat yaitu sebagai media kampanye untuk menarik perhatian khalayak. Selain itu perbincangan mengenai toleransi bergama melibatkan beberapa tokoh penting lainnya. Kata Kunci: Toleransi Beragama, Pilpres 2024, Kompas.com.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 27 May 2024 02:59
Last Modified: 27 May 2024 02:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37837

Actions (login required)

View Item View Item