MEMBANGUN KETAHANAN KELUARGA PADA MASYARAKAT PEKERJA BANGUNAN DITINJAU DARI HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS PASAR BARU PANGKALAN BALAI KABUPATEN BANYUASIN)

PRASETIYO, WENDI (2024) MEMBANGUN KETAHANAN KELUARGA PADA MASYARAKAT PEKERJA BANGUNAN DITINJAU DARI HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS PASAR BARU PANGKALAN BALAI KABUPATEN BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
A4 WENDI P edited.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian membahas mengenai membangun ketahanan keluarga pada masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja bangunan. Hal ini dikarenakan umumnya bekerja sebagai buruh bangunan dianggap sebagai pekerjaan yang remeh oleh masyarakat karena status dan pendapatannya yang dinilai rendah dalam hal ini tidak menentu, sehingga seringkali mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan keluarganya sekalipun untuk biaya hidup sehari-hari dan biaya sekolah anak. Kondisi seperti ini menyebabkan perselisihan antar anggota keluarga dan sering terjadi kerenggangan hubungan yang manjadikan tidak lagi tercipta suasana yang harmonis dikarenakan tekanan ekonomi yang akibat dari penghasilan lebih kecil dari pada kebutuhan yang harus dipenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami upaya membangun ketahanan keluarga pada masyarakat pekerja bangunan di Pasar Baru Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin dan tinjauan hukum keluarga Islam terhadap upaya tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan memakai metode yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa upaya pekerja bangunan di Pasar Baru Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin untuk membangun ketahanan keluarga, diantaranya ialah bekerja sebagai pekerja bangunan, mencari kerja sampingan, menjalin komunikasi dengan baik dan menghemat pengeluaran. Tinjauan hukum keluarga Islam terhadap cara membangun ketahanan keluarga yaitu dengan mengutamakan terciptanya kemaslahatan rumah tangga, terutama hubungan antara suami dengan istri. Ada beberapa kiat yang digunakan untuk membangun ketahanan keluarga yaitu dengan mengelola emosi, mengeratkan hubungan, meluruskan niat, dan tidak lupa selalu bersyukur.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pekerja Bangunan, Ketahanan Keluarga, Hukum Keluarga Islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: wendi prasetiyo -
Date Deposited: 27 May 2024 03:01
Last Modified: 27 May 2024 03:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37862

Actions (login required)

View Item View Item