ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PELECEHAN SEKSUAL BODY CHECKING FINALIS MISS UNIVERSE INDONESIA 2023 DI MEDIA KOMPAS.COM DAN DETIK.COM

PADILA, MIPA (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PELECEHAN SEKSUAL BODY CHECKING FINALIS MISS UNIVERSE INDONESIA 2023 DI MEDIA KOMPAS.COM DAN DETIK.COM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI MIPA PADILA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adanya teknologi informasi telah memberikan kemudahan dalam mengakses dan memperoleh informasi melalui media online. Karena itu, komunikasi media massa mempunyai peluang khusus untuk menyampaikan informasi kepada Masyarakat. Media Kompas.com dan Detik.com merupakan media online yang mudah diakses kapan saja dan Di mana saja melalui internet, proses penyusunan berita disusun oleh jurnalis penyusunan berita mulai dari memilih fakta, Sumber, Pemakaian kata, Gambar, Sampai penyuntingan memberi peran bagaimana kebenaran tersebut ada di hadapan publik, termasuk dalam penyampaian kasus pemberitaan pelecehan seksual yang terjadi dikalangan Perempuan. Seperti yang tengah ramai di bahas yaitu sebuah ajang kecantikan Miss Universe Indonesia mengalami pelecehan pada kasus pelecehan seksual Body Cheking terhadap finalis Miss Universe Indonesia 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja aspek-aspek penilaian Miss Universe Indonesia dan untuk mengetahui bagaimana analisis framing pemberitaan pelecehan seksual finalis Miss Universe Indonesia 2023 di media Kompas.com dan Detik.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif pada analisis framing model dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sebuah ajang kecantikkan Miss Universe Indonesia memiliki aspek beauty dan mempunyai cara tersendiri untuk mengasilkan aspek penilaian diri masing masing. Berdasarkan hasil penelitian di Media.com dan Detik.com menunjukkan bahwa secara sintaksis kedua media telah memenuhi unsur 5W+1H. Pada penyajian pemberitaan media Kompas.com lebih condong kepada pihak korban. Pada media Detik.com pemberitaan disampaikan sesuai secara detail, rinci dan sesuai fakta dan berimbang informasi yang disampaikan diambil dari pendapat korban dan terlapor. Masing-masing media Kompas.com dan Detik.com memiliki tematiknya tersendiri tetapi masih pokus pada kasus pelecehan seksual Miss Universe Indonesia dan retoris pada media Kompas.com pada analisis gambar telah sesuai dengan isi berita, di media Detik.com semua gambar telah sesuai dengan isi berita yang disajikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: MIPA PADILA 2020503043
Date Deposited: 27 May 2024 03:02
Last Modified: 27 May 2024 03:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37864

Actions (login required)

View Item View Item