Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Perlindungan Investor dalam Investasi Reksadana pada Aplikasi Indopremier Online Technology (IPOT)

Lyanti, Azizah (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Perlindungan Investor dalam Investasi Reksadana pada Aplikasi Indopremier Online Technology (IPOT). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Perlindungan Investor dalam Investasi Reksadana pada Aplikasi Indopremier Online Technology (IPOT). Berangkat dari adanya masalah terkait kegiatan invetasi yang dilakukan oleh investor dalam invetasi reksadana. Padahal dalam kegiatan investasi ini sengat rentan terjadinya resiko dan kerugian yang dialami investor dan dapat mengakibatkan pelanggaran terhadap hak investor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimanakah bentuk pelindungan Hukum bagi pada investor dalam pelaksanaan Reksadana pada aplikasi Indopremier Online Technology (IPOT); 2.) Bagaimanakah Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap bentuk perlindungan investor dalam pelaksanaan reksadana pada aplikasi Indopremier Online Technology (IPOT). Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Research, penelitian yang mengambil dan menganalisis data dari sumber perpustakaan seperti peraturan perundang-undangan, buku, atau kitab yang mempunyai relevansi dan hubungan dengan fokus penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1.) Bentuk pelindungan Hukum bagi para investor dalam pelaksanaan Reksadana pada aplikasi Indopremier Online Technology (IPOT), yaitu Aplikasi IPOT memberikan laporan berkala dan komunikasi transparan melalui berbagai saluran. Pihak Sukuritas IPOT akan memberikan laporan terudate setiap bulannya kepada pihak investor mereke melalui email pribadi milik para investonya, dan mereka juga membagikan informasi terkait global market setiap harinya melalui akun instagram indopremier dan grub whatsApp berisi para invetor yang tercatat dan pernah berkunjung kekentor mereka. 2.) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap perlindungan investor dalam investasi reksadana pada aplikasi Indopremier Online Technology (IPOT), yakni merupakan wadiah yang dimana dalam berinvestasi reksadana hak investor merupakan suatu amanah yang menjadi tanggung jawab menejer investasi (al-wakil). Dalam Hukum Islam ada bentuk penerapan metode hukum yakni maslahah dan mursalah artinya menjaga tujuan syara’ guna meraih manfaat atau menghindari dari kemudaratan dan sebagai dasar pertimbangan serta bertujuan untuk melindungi investor. Aplikasi IPOT juga terhindar dari unsur haram (riba), karena memiliki reksadana syariah dan telah memenuhi prinsip kejujuran dalam hukum ekonomi syariah. Kata Kunci: Perlindungan Investor, Indopremier Online Technology (IPOT), Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: AZIZAH LYANTI 2020104050
Date Deposited: 28 May 2024 04:41
Last Modified: 28 May 2024 04:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37934

Actions (login required)

View Item View Item