ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP KEMBALINYA SUAMI ISTRI SETELAH TALAK 3 STUDI DI KELURAHAN 29 ILIR KECAMATAN ILIR BARAT II PALEMBANG

Hoirunnisah, Indah (2024) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP KEMBALINYA SUAMI ISTRI SETELAH TALAK 3 STUDI DI KELURAHAN 29 ILIR KECAMATAN ILIR BARAT II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Indah Hoirunnisa SKRIPSI Full bab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat di Kecamatan Ilir Barat II Palembang ternyata terdapat beberapa pasangan mantan suami isteri yang kembali hidup bersama pasca talak tiga, yang mana suaminya mentalak istri dan ingin membangun hubungannya kembali dengan mantan isteri tersebut tanpa mengikuti syariat Islam yang mengharuskan mantan istri untuk menikah dengan laki-laki lain tanpa ada rekayasa dan bercerai secara murni, barulah mantan suami yang pertama bisa menikahi mantan istrinya kembali. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, dengan menggunakan data kualitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer, data sekunder. dan data tersier dan data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif, kemudian akan disimpulkan secara deduktif. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa penyebab terjadinya penyimpangan hubungan pasca talak tiga di Kecamatan Ilir Barat II adalah karena kurangnya pemahaman ilmu agama dan karena ingin jalan yang cepat tanpa proses yang merepotkan. Berdasarkan tinjauan hukum Islam, bersatunya kembali mantan suami istri yang dilakukan pasca talak tiga di Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang haram dilakukan bahkan jika terjadi hubungan biologis di antara keduanya bisa dianggap sebagai zina. Karena mereka kembali menjalin hubungan secara asal-asalan tanpa akad yang baru sehingga mereka dianggap tidak memiliki hubungan, bahkan mereka tidak mengikuti ketentuan syariat yang mengharuskan mantan istri untuk menikah dengan laki-laki lain dan bercerai dengan suami barunyai, barulah mantan suami yang pertama bisa menikahi mantan istrinya kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan, Rujuk, Talak
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: INDAH HOIRUNNISAH 1930101134
Date Deposited: 29 May 2024 01:20
Last Modified: 29 May 2024 01:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37962

Actions (login required)

View Item View Item