DINAMIKA PARTAI POLITIK DALAM MEREKRUT CALON LEGISLATIF PADA PEMILU 2024 (Studi Pada Dewan Pimpinan Cabang Partai Bulan Bintang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir)

PUSPA, SARI (2024) DINAMIKA PARTAI POLITIK DALAM MEREKRUT CALON LEGISLATIF PADA PEMILU 2024 (Studi Pada Dewan Pimpinan Cabang Partai Bulan Bintang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Sari Puspa 2030702124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dinamika Partai Politik dalam Merekrut Calon Legislatif pada Pemilu 2024 Studi pada Dewan Pimpinan Cabang Partai Bulan Bintang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir”. Tujuan dari penenlitian ini untuk mengetahui bagaimana rekrutmen bakal calon legislatif pada pemilu 2024 dan ingin mengetahui keterlibatan bakal calon legislatif dalam penetapan calon legislatif pada pemilu 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kulitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah literature, observasi, wawancara langsung kepada informan. Hasil penelitian ini menunjukan berdasarkan teori rekrutmen politik Lili Romli peneliti menemukan rekrutmen bacaleg yang digunakan oleh DPC PBB Kabupaten PALI adalah rekrutmen terbuka tetapi PBB lebih mengutaman bacaleg dari dalam partai tanpa melihat kulitas yang dimiliki kurangnya merekrut dari luar partai dengan memperhatikan kulitas yang dimiliki. Dalam penetapan daftar calon tetap DPC PBB Kabupaten memiliki tiga tahapan diantaranya: pendaftaran, penyeleksian, dan penetapan. Dan untuk menetapkan calon legislatif DPC PBB juga melihat kulitas dan selalu melibatkan bacaleg sehingga caleg yang pilih benar-benar memiliki kulitas dan kemampuan politik. Kata Kunci : Pemilihan Calon Legislatif, Rekrutmen Politik, DPC PBB

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 31 May 2024 02:45
Last Modified: 31 May 2024 02:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37971

Actions (login required)

View Item View Item