ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA KARANG TANDING KECAMATAN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR (Studi Relasi Kuasa Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa)

PRESTICHA, OCHIC (2024) ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA KARANG TANDING KECAMATAN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR (Studi Relasi Kuasa Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
OCHIC PRESTICHA 2010702005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dana desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukan bagi desa digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Masalah infrastruktur jalan yang berada didusun persiapan yang seharusnya menjadi prioritas pembangunan tetapi belum direalisasikan. Adanya indikasi relasi kuasa antara Kepala Desa dan BPD dimana dalam pengambilan keputusan prioritas pembangunan Kepala Desa dinilai membelakangi BPD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana relasi kuasa Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam pengelolaan dana desa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan pengelolaan dana desa di Desa Karang Tanding kurang efektif, dikarenakan relasi kuasa Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pengelolaan dana desa menunjukan hubungan yang dominatif, Kepala Desa lebih dominan dalam pengelolaan dana desa dalam menetapkan program pembangunan, sehingga ada beberapa pembangunan yang di rasa kurang tepat sasaran, dan dianggap kurang adil, Dampaknya timbul rasa kecewa dari masyarakat dusun yang usulan pembangunannya belum terakomodir. Dukungan paling aktif berasal dari dusun tempat pembangunan dilakukan. Kata Kunci : Pengelolaan, Relasi Kuasa, Kepala Desa, BPD

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 31 May 2024 02:45
Last Modified: 31 May 2024 02:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38002

Actions (login required)

View Item View Item