PENDEKATAN KOMUNIKASI GURU DALAM INTERAKSI SOSIAL DENGAN SISWA TUNARUNGU (Studi Di SLB B Tunarungu Wicara YPAC Palembang)

Putri, Mei Pertama (2024) PENDEKATAN KOMUNIKASI GURU DALAM INTERAKSI SOSIAL DENGAN SISWA TUNARUNGU (Studi Di SLB B Tunarungu Wicara YPAC Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Mei Pertama Putri 1930701073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Lingkungan sekolah mengharuskan satu sama lain harus saling berinteraksi dan berkomunikasi setiap hari. Permasalahan dalam penelitian adalah siswa tunarungu yang memiliki hambatan pada pendengaran memerlukan pengetahuan agar bisa berdampingan dengan masyarakat. Guru sangat memerlukan pendekatan komunikasi yang tepat agar siswa dapat memahami apa yang disampaikan sehingga akan terdapat hubungan timbal balik antara keduanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendekatan komunikasi guru dalam interaksi sosial dengan siswa tunarungu. Penelitian ini menjelaskan bagaimana pendekatan komunikasi menjadi hal penting dalam interaksi sosial siswa tunarungu melalui interaksi dalam pembelajaran dikelas dan juga dilingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori adaptasi interaksi Burgoon yang membahas sembilan prinsip dalam adaptasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adaptasi dalam pendekatan komunikasi dalam interaksi sosial siswa tunarungu diperlukan pola interaksi menyesuaikan, pola jarak dan strategi yang bervariasi serta pentingnya perilaku dalam adaptasi. Selain itu dalam pendekatan komunikasi guru menentukan media komunikasi dalam proses pembelajaran di kelas serta memberikan arahan kepada siswa untuk meningkatkan interaksi sosial. Pembelajaran bina persepsi bunyi dan irama serta bina wicara, kegiatan tersebut menjadi upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan interaksi sosial siswa tunarungu. Pola komunikasi dalam pengajaran di SLB B YPAC Palembang komunikasi dua arah. Kata Kunci: Pendekatan Komunikasi, Interaksi Sosial, Siswa Tunarungu

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 31 May 2024 02:45
Last Modified: 31 May 2024 02:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38003

Actions (login required)

View Item View Item