PENERAPAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENGATASI KONSEP DIRI YANG NEGATIF PADA WARIA (STUDI KASUS PADA KLIEN “I” DI MUARA PINANG BARU KEC. MUARA PINANG KAB. EMPAT LAWANG)

Winata, Peri (2023) PENERAPAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENGATASI KONSEP DIRI YANG NEGATIF PADA WARIA (STUDI KASUS PADA KLIEN “I” DI MUARA PINANG BARU KEC. MUARA PINANG KAB. EMPAT LAWANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
FULL BAB ACC MUNAQOSAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Perilaku seks menyimpang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Al-Quran menyebut penyimpangan seksual yang dilakukan oleh kaumnya, Nabi Luth salah satunya yaitu waria. Istilah waria diberikan kepada orang yang terlahir pria, namun memiliki kecenderungan seksual dan kejiwaan sebagai wanita. Waria adalah laki-laki yang memiliki sifat, sikap seperti perempuan, berpenampilan sebagai perempuan sehingga kehidupannya sehar-hari layaknya sebagai perempuan, tetapi kadang-kadang sifat laki-lakinya keluar ketika keadaan terjepit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran konsep diri dan prilaku sehari-hari klien “I” dan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik Cognitive Restructuring dalam mengatasi konsep diri yang negatif pada klien “I”. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan analisis data dari Robert K Yin yang membagi tiga teknik analisis studi kasus, yaitu: penjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. Data yang digunakan dapat diperoleh dengan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah klien “I”. Informan dalam penelitian ini terdiri dari bibi dan teman dekat klien “I”. Hasil dari penelitian diperoleh gambaran tentang konsep diri dan prilaku sehari-hari klien “I” ia merasa nyaman dan senang saat ia melampiaskan kepuasaanya menjadi perempuan, prilakunya sehari-hari ia berpenampilan seperti perempuan dengan memakai make up, memakai pakaian wanita, berhias seperti wanita, dan berjalan belenggok-lenggok layaknya seorang perempuan. Penerapan teknik cognitive restructuring dalam mengatasi konsep diri yang negatif pada waria ini klien “I” mengalami perubahan yaitu sudah mau mengenal, memahami, dan menilai siapa dirinya sesungguhnya, sudah perlahan berubah dan meninggalkan atribut warianya. Kata kunci: Teknik Cognitive Restructuring, Konsep Diri, Waria

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Teknik Cognitive Restructuring, Konsep Diri, Waria
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: PERI WINATA 1710502022
Date Deposited: 31 May 2024 02:42
Last Modified: 31 May 2024 02:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38010

Actions (login required)

View Item View Item