Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Akad Wakalah Bil Ujrah Dalam Transaksi Penjualan Sayur Sawi Di Desa Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin.

Pratiwi, Diani Yulda (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Akad Wakalah Bil Ujrah Dalam Transaksi Penjualan Sayur Sawi Di Desa Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (74kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Praktik Akad Wakalah Bil Ujrah dalam transaksi penjualan sayur sawi di Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Dengan latar belakang masalah yaitu praktik akad wakalah bil ujrah dalam penjualan sayur sawi dalam shighot ijab qabul mewakilkan terpenuhi. Namun tidak diketahui secara rinci berapa banyak sayur dan berapa besaran upah yang di dapat,dalam mengambil upah, pedagang sayur berpedoman pada banyaknya timbangan sayur yang mereka jual. Mereka akan mengambil upah dengan hitungan potongan dari harga per kilo sayuran. Adapun rumusan masalah 1) Bagaimana Praktik Akad Wakalah Bil Ujrah dalam Transaksi Penjualan Sayur Sawi di Desa Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Akad Wakalah Bil Ujrah dalam Transaksi Penjualan Sayur Sawi di Desa Talang Keramat Kecamatan Talang kelapa Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian lapangan atau Field Research dengan jenis dan sumber data berupa data primer dan sekunder. Objek dalam penelitiaan ini adalah petani dan pedagang sayur/tengkulak. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil Observasi, wawancara, dokumentasi dan bahan-bahan penelitian bersumber buku dan jurnal. Teknik analisis data yang mana data yang telah terkumpul, dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan, Praktik Akad Wakalah Bil Ujrah dalam penjualan sayur sawi yang dilakukan oleh warga Desa Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, 1) Dalam mewakilkan sayuran diwakilkan secara lisan antara petani dengan pedagang sayur/tengkulak. Jadi shighat ijab qabul dalam akad mewakilkan telah terpenuhi. Biasanya petani yang akan mewakilkan sayurannya untuk dijualkan di pasar akan datang ke pedagang sayur/tengkulak. 2) Dalam Hukum Ekonomi syariah transaksi sah dilakukan, berdasarkan pendapat imam syafi’i karna adanya ijab qabul dalam akad mewakilkan. Namun dalam pelaksanaannya tidak diketahui di awal akad yang terjadi berapa banyak sayuran tersebut yang akan di panen oleh si petani dan juga berapa harga sayuran yang di sepakati antara si petani dengan pedagang sayur/tengkulak. Sedangkan untuk upah sendiri juga tidak diketahui secara rinci berapa upah yang didapat oleh si pedagang sayur/tengkulak (wakil). sehingga menjadikan akad wakalah bil ujrah dalam transaksi mengandung unsur ghoror.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah, Praktik, Akad Wakalah bil ujrah, Penjualan sayur, upah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: DIANI YULDA PRATIWI 2020104129
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:42
Last Modified: 03 Jun 2024 03:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38101

Actions (login required)

View Item View Item