DAMPAK PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN TERHADAPKESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI SYARIAH(STUDI GERAKAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DESA SRI BANDUNG, BANYUASIN, SUMATRA SELATAN)

Ilham, Mahmudy (2023) DAMPAK PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN TERHADAPKESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI SYARIAH(STUDI GERAKAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DESA SRI BANDUNG, BANYUASIN, SUMATRA SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
printaja-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui dampak pemberdayaan ekonomi perempuan terhadap kesejahteraankeluarga dalam peresepektif ekonomi syariah (studi gerakan kelompokwanita tani (KWT) yang berada di desa Sri Bandung, Banyuasin, SumatraSelatan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalahmetode kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, dokumentasi dan dari beberapa sumber Jurnal, artikel-artikel lainnya. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwa dengan adanyagerakan kelompok waniata tani ini mampu memberdayakan masyarakat yang berada di desa Sri Bandung dengan memamfaatakan potensi yangberada di daerah tersebut. Serta, mampu menjadi daya tarik untukgolongan muda-mudi dalam belajar dalam hal pengelolahaan pertanaian. Aktivitas perempuan dalam membantu perekonomian keluargadengan bekerja sebagai buruh tani karet, guru, serta kelompok wanitatani juga menjadi sampingannya tidak keluar dari nilai-nilai ekonomi Islam. Perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama dalambekerjadanmeningkatkan ekonomi keluarga serta mencapai tujuan men jadi keluargasejahtera.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: ILHAM MAHMUDY 1910602035
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:34
Last Modified: 06 Jun 2024 02:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38114

Actions (login required)

View Item View Item