STRATEGI POLITIK CALON ANGGOTA LEGISLATIF 2024 (STUDI KASUS RUDI HARTONO CALEG DPRD DAPIL I KOTA PALEMBANG DALAM PARTAI KEADILAN SEJAHTERA)

Ningrum, Cahya (2024) STRATEGI POLITIK CALON ANGGOTA LEGISLATIF 2024 (STUDI KASUS RUDI HARTONO CALEG DPRD DAPIL I KOTA PALEMBANG DALAM PARTAI KEADILAN SEJAHTERA). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
CAHYA NINGRUM 2010702008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi politik calon anggota legislatif 2024 (studi kasus Rudi Hartono caleg DPRD dapil I kota Palembang dalam partai keadilan sejahtera). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi politik Rudi sebagai caleg DPRD dalam memperluas lagi eksistensinya dilingkup partai keadilan sejahtera. Objek penelitian ini merupakan aktor politik yang merupakan orang hang sebelumnya sudah pernah menjabat dalam berbagai organisasi keislaman yaitu Muhammadiyah dan tentunya sudah banyak pendukung untuk maju dalam pemilu calon anggota legislatif pada 2024 nanti. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori strategi politik dikarenakan sudah menjelaskan secara keseluruhan mengenai fenomena atau permasalahan yang telah penulis sajikan. Tipe penelitian ini adalah deskriptif yang menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan data pada jenis penelitian menganalisa pernyataan oleh calon anggota legislatif (Rudi Hartono) yang memberikan penjelasan mengenai strategi yang digunakan dalam memperluas eksistensi dirinya dalam lingkup partai keadilan sejahtera demi untuk menonjolkan dirinya dalam mengahadapi pemilu pada 2024. Dan juga mengusung argumen pendukung dengan melihat kiprah beliau di ranah organisasi muhammadiyah yang semula telah beliau geluti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rudi ini yang sebelumnya sudah melakukan secara natural cara dalam pendekatan diri melalui organisasi-organisasi yang beliau naungi dan kemudian terjun dalam ranah politik dan diusungkan diri dalam partai politik tentunya dengan jelas melihat strategi-strategi politik yang dapat beliau pertanggungjawabkan secara relevan untuk dibuktikan dengan perasaan yang berbentuk apa adanya lewat para kader-kader partai keadilan sejahtera dan lewat semua rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam partai tersebut. Sesuai dengan semestinya tanpa ada paksaan melainkan dari kesadaran diri sendiri dan tanpa adanya kecurangan dari pihak kandidat lainnya yang berada di partai tersebut. Kata kunci : Pemilu, Strategi Politik, Partai Politik, dan Calon Anggota Legislatif

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:59
Last Modified: 10 Jun 2024 02:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38211

Actions (login required)

View Item View Item