PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGETAHUAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MAJELIS TAKLIM BINAAN BAZMA DALAM MEMILIH TEMPAT MEMBAYAR ZAKAT DI KOTA PALEMBANG

HERAWATY, ANDINI (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGETAHUAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MAJELIS TAKLIM BINAAN BAZMA DALAM MEMILIH TEMPAT MEMBAYAR ZAKAT DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
CVER DINI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK DINI.doc
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I DINI.doc
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II dini.doc
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III DINI.doc
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV DINI.doc
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V DINI.doc
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DINI.doc
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, pengetahuan dan lingkungan sosial terhadap keputusan muzakki Majelis Taklim Binaan Bazma dalam memilih tempat membayar zakat di Kota Palembang. Keputusan muzakki menjadi faktor utama yang akan mementukan keberhasilan. Fakta menunjukkan, masih banyak ditemukan para muzakki yang tidak mengeti maupun memahami untuk apa membayar zakat. Banyak faktor yang mempengaruhi para muzakki untuk tidak membayar zakat serta hal yang tidak diinginkan diantaranya kurangnya kepercayaan, pengetahuandan lingkungan sosial muzakki dalam bebaur di masyarakatdari dalam diri individu muzakki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner yang ditujukkan kepada Muzakki Majelis Taklim Binaan Bazma Kota Palembang. Sampel yang digunakan sebanyak 43 orang responden dan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23.0. Analisis yang digunakan mencakup pengujian instrument penelitian, pengujian validitas, pengujian regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan secara hipotesis positif dan tidak bepengaruh pada keputusan muzakki dalam memilih tempat membayar zakat, pengetahuansecara hipotesis positif dan tidak bepengaruh pada keputusan muzakki dalam memilih tempat membayar zakat serta lingkungan sosial bepengaruh secara positif dan signifikan . Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan dapat memberi manfaat bagi para muzakki khusus nya Majelis Taklim Binaan Bazma dalam mengoptimalkan pembayaaran zakat dengan kepercayaan, pengetahuan serta lingkungan sosial. Kata Kunci : Kepercayaan, Pengetahuan, Linkungan Sosial,dan Keputusan Muzakki.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Pengetahuan, Linkungan Sosial,dan Keputusan Muzakki.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: ANDINI HERAWATY 2010604004
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:00
Last Modified: 10 Jun 2024 03:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38237

Actions (login required)

View Item View Item