KARAKTERISTIK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN PERANANNYA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL MAHASISWA (Studi pada Unit-Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan Universitas Sriwijaya)

FITRI OVIYANTI, FITRI (2019) KARAKTERISTIK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN PERANANNYA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL MAHASISWA (Studi pada Unit-Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan Universitas Sriwijaya). Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Fitri Oviyanti.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Abstrak Tuntutan era global pada lulusan perguruan tinggi sekarang tidak hanya pada ijazah atau kemampuan akademis, tetapi juga dibutuhkan kemampuan non akademis. Kemampuan memahami orang lain, bekerja sama, memecahkan masalah secara efektif, kesadaran diri, menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, dan berkomunikasi efektif merupakan beberapa kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh lulusan perguruan tinggi agar dapat diterima di masyarakat atau pasar kerja. Kemampuan-kemampuan tersebut merujuk pada salah satu jenis kecerdasan ganda, yaitu kecerdasan interpersonal. Kecerdasan ini dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakteristik (ciri khusus) bentuk-bentuk kegiatan mahasiswa di UKMK, pola pembinaan, tingkat kecerdasan interpersonal mahasiswa dan peran kegiatan mahasiswa di UKMK Pramuka, LDK, dan MAPALA di UIN Raden Fatah dan UNSRI dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Informan penelitian yang utama adalah mahasiswa yang aktif pada kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler kampus, dalam hal ini pengurus dan anggota aktif dari UKMK Pramuka, LDK, dan MAPALA, baik yang ada di UIN Raden Fatah Palembang maupun di Universitas Sriwijaya (UNSRI), termasuk alumni yang masih terlibat aktif sebagai pembina.Teknik pengumpulan data yang utama adalah wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data digunakan menurut Miles dan Huberman,meliputi data reduction, data display, dan conclusion/verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa masing-masing UKMK tersebut memiliki kegiatan-kegiatan khas yang dapat diklasifikasi menjadi kegiatan pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor. Pola pembinaan yang diterapkan oleh masing-masing UKMK juga berbeda sesuai dengan ke-khas-an organisasi masing-masing, meliputi pembina, binaan, materi pembinaan, metode pembinaan dan evaluasi. Secara umum, tingkat kecerdasan mahasiswa yang aktif di UKMK Pramuka, LDK, dan MAPALA, baik yang ada di UIN Raden Fatah Palembang maupun yang ada di UNSRI berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan pada UKMK tersebut berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal mahasiswa yang terdiri dari tiga dimensi, yaitu dimensi sensitivitas sosial, pemahaman sosial, dan dimensi komunikasi sosial. Penelitian ini akhirnya merekomendasikan bahwa perlu dibuat core curriculum ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal mahasiswa (soft skill) melalui sinergisitas antara kegiatan yang berorientasi pada pengembangan intelektual, emosional, dan spiritual.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: karakteristik, kegiatan ekstrakurikuler, kecerdasan interpersonal.
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 May 2019 02:39
Last Modified: 29 Nov 2019 02:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item View Item