TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP KETIDAKSESUAIAN RETURN GOODS TANPA KONFIRMASI PARA PIHAK (Study kasus J&T Cargo Skip Palembang)

Apriyanti, Balkis (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP KETIDAKSESUAIAN RETURN GOODS TANPA KONFIRMASI PARA PIHAK (Study kasus J&T Cargo Skip Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
repository balkis apriyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Hukum Ekonomi syariah Terhadap Ketidaksesuian Return Goods Tanpa Konfirmasi Para Pihak (Study Kasus Di J&T Cargo Skip Palembang). Pengembalian barang tanpa konfrimasi para pihak oleh J&T Cargo. Untuk itu terdapat beberapa permasalahan yang akan diteliti yaitu, 1). Bagaimana Mekanisme Return Goods Tanpa Konfirmasi Para Pihak Di J&T Cargo Skip Palembang?, 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Ketidaksesuaian Return Goods Tanpa Konfirmasi Para Pihak Di J&T Cargo Skip Palembang? Metode penelitian yang digunakan adalah kulitatif dengan teknik analisis data deskriptif yang menggambarkan data di lapangan secara langsung dengan menggunakan data yang berasal dari teknik pengumpulan data yaitu, observasi wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1). Jika terdapat kendala dalam mekanisme paket konsumen pihak jasa pengiriman berhak untuk memilih mengembalikan paket tanpa konfirmasi sebagai langkah pencegahan dan memungkinkan mereka untuk memproses paket yang lebih cepat agar menghindari waktu biaya terkait konfirmasi agar tidak terkena denda . (2). Relevansi hukum ekonomi syariah terhadap ketidaksesuain return goods tanpa konfirmasi para pihak di J&T Cargo Skip Palembang sudah melaksanakan tugas sesuai amanah dan tanggung jawabnya dimana pihak J&T Cargo Skip Palembang (wakil) dilihat dari syarat dan rukun ini sudah dipenuhi dikarenakan sudah ada kesepakatan di awal antara kedua belah pihak J&T Cargo (wakil) dan E-Commerce (muwakil).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah, Return Goods, Wakalah Bil Ujrah.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: BALKIS APRIYANTI 1920104078
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:00
Last Modified: 10 Jun 2024 03:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38240

Actions (login required)

View Item View Item